tetap semangat dan kerja keras selama karantina
Samarinda (ANTARA) - Dua pelajar asal Kota Bontang dan Kota Balikpapan menjadi wakil Provinsi Kalimantan Timur untuk menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional yang akan tampil pada HUT RI 17 Agustus 2023 di Jakarta.

Dua pelajar tersebut yakni Rangga Nuke Leonardo siswa SMA Negeri 1 Balikpapan dan Nur Fadia Aguspika siswi asal SMA Negeri 1 Bontang telah dijadwalkan mengikuti karantina di Jakarta.

"Alhamdulillah, selamat bagi siswa dan siswi dari Bontang dan Balikpapan. Semoga tetap semangat dan kerja keras selama karantina," ucap Wagub Kaltim Hadi Mulyadi saat melepas putra-putri terbaik asal Kaltim di Rumah Jabatan Wagub Kaltim, Jalan Milono Samarinda, Jumat.

Pada kesempatan itu Wagub Hadi juga menyerahkan uang tunai sebesar Rp12,5 juta, sebagai bentuk apresiasi dari Gubernur Kaltim kepada pelajar yang lolos seleksi Paskibraka Nasional.

Baca juga: Dua calon paskibraka nasional asal Sumut ikuti diklat di Jawa Barat
Baca juga: Pelajar di Palangka Raya terpilih jadi Paskibraka Nasional


Wagub Hadi berpesan, kedua calon Paskibraka Nasional tidak berhenti pada satu kemampuan kompetensi. Tetapi, terus belajar mengasah kemampuan untuk meraih sebanyak-banyaknya prestasi.

Selain itu, Wagub berpesan jangan mengeluh dan mudah putus asa setiap menjalani pekerjaan, baik sekolah maupun saat karantina pembinaan Paskibraka Nasional.

"Kuncinya, tetap kerja keras dan semangat untuk meraih kesuksesan. Jangan hanya meraih kesuksesan di satu kompetensi saja, tetapi apa saja," pesannya.

Baca juga: Gubernur Sumbar lepas dua perwakilan Paskibraka Nasional 2023
Baca juga: LPTTK: Disiplin kunci SMA Kebangsaan lahirkan anggota Paskibraka 2023


Sementara itu, Kabid Pengembangan Pemuda Rasman Rading mengatakan, menjelaskan kedua pelajar ini telah melalui tahapan seleksi tingkat provinsi yang dilaksanakan di masing- masing kabupaten dan kota dan kemudian mengikuti seleksi tingkat nasional.

Untuk tahapan seleksi provinsi di masing-masing kabupaten dan kota dilaksanakan sejak Maret-April 2023 yang diseleksi langsung dari Dispora Kaltim, TNI, POLRI, Tim Kesehatan dari RSU AWS, Psikologi dari Himpunan Psikologi Kaltim dan BPIP RI.

Sementara Seleksi Calon Paskibraka Nasional dilaksanakan pada 17-19 Mei 2023 di Hotel Aston dan Stadion Gelora Kadrie Oening Samarinda.

"Kedua pelajar ini akan menjalani karantina sebagai calon Paskibraka Nasional mulai 15 Juli sampai selesai menunaikan tugas negara. Pemusatan Latihan Capaska Calon Paskibraka Nasional di Taman Rekreasi Wiladatika Depok Jawa Barat," kata Rasman.

Baca juga: Pelajar asal Bangka Tengah terpilih jadi paskibraka nasional
Baca juga: BPIP bekali nilai Pancasila kepada ribuan Paskibraka se-Indonesia

 

Pewarta: Arumanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023