Ambon (ANTARA) — Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melakukan pembinaan ideologi Pancasila bagi 4.598 anggota Paskibraka 2022 yang terdiri dari 13 Provinsi, yakni Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya. 

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. dalam pidato pembukaannya menuturkan, pentingnya pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila dalam rangka kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila. 

"Kegiatan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Paskibraka ini sangatlah penting, karena adik-adik inilah yang nantinya akan memegang tongkat estafet perjuangan bangsa ini di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, sebagai calon pemimpin bangsa, adik-adik sekalian harus memiliki karakter Pancasila", tuturnya. 

Demi terwujudnya sumber daya manusia Indonesia yang unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berkepribadian luhur sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, Prof. Yudian mendorong para Paskibraka untuk menguasai beragam skills dan Bahasa agar mampu berdaya saing di dunia Internasional. 

"Jadi, adik-adik sekalian juga harus melahap ragam ilmu pengetahuan, kuasai teknologi, asah hard skill dan juga soft skill, khususnya yang berkaitan dengan kemampuan berkomunikasi, kecerdasan sosial, serta kemampuan beradaptasi yang baik di dalam kehidupan maupun dunia kerja. Kuasai juga bahasa-bahasa asing, karena dengan begitu adik-adik akan mampu bersaing, tidak hanya di kancah nasional, tetapi juga internasional", ucap Kepala BPIP.

Senada dengan Kepala BPIP, Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Tonny Agung Arifianto, S.E., M.A.B. menyampaikan bahwa program Paskibraka adalah untuk menyiapkan generasi muda sebagai pewaris bangsa dan pemimpin-pemimpin masa depan. Ia mendorong para Paskibraka terus mengembangkan diri dengan menyerap hasil pembekalan dengan sungguh-sungguh agar dapat diimplementasikan di lingkungan sekitar. 

"Kami berharap semuanya bahwa dengan pembekalan pembinaan ideologi Pancasila ini, dapat menjadi satu kesempatan yang baik, kesempatan yang langka untuk menjadikan adik-adik terus berpartisipasi dalam menarasikan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara", ucapnya.

Kegiatan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Paskibraka Tahun 2022 ditutup dengan materi pengenalan organisasi Duta Pancasila Purnapaskibraka Indonesia oleh Sekretaris Jenderal Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI), Wahyu Saputra, S.Pd. (WS).

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023