Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, mengalokasikan 30 persen dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah tersebut.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Jayapura Eqberth C Kopeuw melalui telepon seluler di Sentani, Sabtu, mengatakan pihaknya fokus meningkatkan mutu pendidikan guna menciptakan generasi yang andal.

Baca juga: Anggota Komisi I minta dana Otsus Papua subsidi pendidikan gratis

"Alokasi dana Otsus Papua khusus bidang pendidikan di Kabupaten Jayapura yakni 30 persen untuk meningkatkan mutu pendidikan," katanya.

Menurut Eqberth, sumber daya manusia yang unggul lahir dari pendidikan yang bermutu.

"Kami fokus pada peningkatan mutu guna memperbaiki hasil penyelenggaraan pendidikan agar sesuai dengan arah kebijakan yang telah ditetapkan," ujarnya.

Baca juga: Otsus Papua Barat diharapkan menyentuh pendidikan informal

Dia menjelaskan pihaknya mengadakan kegiatan ilmiah yang dapat mengembangkan potensi guru melalui seminar, pelatihan, workshop, dan lainnya secara berkelanjutan sehingga guru semakin profesional.

"Harapan kami kemampuan yang dimiliki guru dapat mendorong pembelajaran di sekolah, yang pada akhirnya peningkatan mutu pendidikan akan terwujud dan menjadi kenyataan," katanya.

Dia menambahkan, jika kualitas guru meningkat, maka akan berdampak pada mutu yang akan diperoleh peserta didik ke depan.

Baca juga: MPR: Dana Otsus Papua harus ditujukan tingkatkan mutu pendidikan

"Kami fokus alokasikan penggunaan dana Otsus di bidang pendidikan untuk peningkatan mutu pendidikan mulai dari peningkatan kapasitas guru," ujarnya.

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023