Jakarta (ANTARA) - Arsenal secara resmi mengumumkan Declan Rice sebagai pemain baru mereka setelah mereka merampungkan transfer gelandang timnas Inggris itu dari West Ham United pada Sabtu (15/7).

Arsenal tidak mengungkapkan jumlah transfer Rice, tetapi media-media Inggris melaporkan bahwa The Gunners mengeluarkan 105 juta poundsterling (sekitar Rp2,06 triliun) yang sekaligus memecahkan rekor transfer kedua klub tersebut.

"Gelandang timnas Inggris Declan Rice bergabung dari West Ham dengan kontrak jangka panjang," ungkap Arsenal di situs resmi mereka.

Rice mengatakan bahwa dia senang melihat perkembangan Arsenal musim lalu, dan itu menjadi salah satu alasan dia memutuskan untuk bergabung dengan klub London tersebut.

"Anda hanya mendapatkan satu kesempatan dan saya sangat percaya pada apa yang Mikel (Arteta) bangun di sini dan skuad yang dia bangun. Saya sangat menantikan masa depan bersama Arsenal," kata Rice.

Rice mengaku sudah tidak sabar dilatih oleh Mikel Arteta dan yakin sang pelatih dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Baca juga: Arsenal resmikan pembelian anyar Jurrien Timber dari Ajax

Meski terbilang cukup muda, gelandang berusia 24 tahun memiliki banyak pengalaman di level klub dan internasional. Rice telah mencatatkan 245 penampilan selama enam musim bersama West Ham serta 43 kali berseragam timnas senior Inggris.

Rice menjadi pemain reguler timnas Inggris saat Piala Eropa 2020 dan Piala Dunia 2022.

Pelatih Mikel Arteta senang dengan kedatangan Rice dan yakin sang pemain dapat menambahkan kualitas untuk skuadnya.

"Kami sangat bahagia Declan bisa bergabung. Dia pemain yang memiliki kemampuan luar biasa, yang menunjukkan penampilan hebat di Liga Premier Inggris dan timnas Inggris selama beberapa musim," kata pelatih asal Spanyol itu.

"Declan memiliki banyak pengalaman di Liga Premier Inggris dan menjadi kapten bagi tim West Ham yang sangat bagus serta baru saja memenangi trofi Liga Europa."

Declan Rice akan mengenakan nomor punggung 41, nomor yang sama ketika dia masih bermain dengan West Ham. Transfer Rice ke Arsenal kini menjadi yang termahal kedua di Liga Premier Inggris setelah Enzo Fernandez ke Chelsea dengan 106 juta poundsterling.

Baca juga: Kyle Walker dikabarkan capai kesepakatan verbal untuk gabung Bayern

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023