Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di Indonesia terjadi pada Senin (10/7) hingga Sabtu (15/7) disiarkan ANTARA dan masih layak anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. Polisi tangkap 12 tersangka kasus perdagangan orang di Maluku

Kepolisian Daerah (Polda) Maluku dan Polres jajarannya telah menangkap 12 tersangka dari 10 Laporan Polisi terkait kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Maluku Kombes Pol Andri Iskandar mengatakan penanganan TPPO di wilayah Maluku berdasarkan Instruksi Presiden kepada Kepolisian sejak 6 Juni 2023.

Selengkapnya baca disini

2. Mahfud MD menduga ada penyalahgunaan aset Al-Zaytun

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menduga ada penyalahgunaan aset-aset Pondok Pesantren Al Zaytun yang dilakukan oleh Panji Gumilang sebagai pimpinan ponpes tersebut.

Beberapa aset yang diduga disalahgunakan itu antara lain tanah milik Ponpes Al-Zaytun yang sertifikat kepemilikan-nya diatasnamakan Panji Gumilang dan keluarganya.

Selengkapnya baca disini

3. Latgab TNI libatkan 7.500 lebih prajurit, dijadwalkan awal Agustus

Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2023, yang dijadwalkan berlangsung di tiga lokasi secara serentak pada tahun ini, bakal melibatkan 7.500 prajurit dari tiga matra, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) TNI Julius Widjojono dalam pesan tertulisnya kepada awak media di Jakarta, Rabu, menyampaikan Latgab TNI dijadwalkan berlangsung pada awal Agustus 2023.

Selengkapnya baca disini

4. KPK panggil Menhub Budi Karya Sumadi

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagai saksi kasus dugaan suap di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan terkait dengan pembangunan jalur kereta api di Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa-Sumatera pada tahun anggaran 2018—2022.

Budi akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Tengah Putu Sumarjaya.

Selengkapnya baca disini

5. Satgas TPPU atur pertemuan lanjutan dalami transaksi Rp189 triliun

Satgas TPPU mengatur pertemuan lanjutan antara Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu, Kejaksaan, dan Bareskrim Polri, untuk mendalami transaksi janggal senilai Rp189 triliun terkait eksportasi emas yang ditemukan oleh PPATK.

Transaksi janggal itu, yang saat ini masih diselidiki oleh Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu), merupakan satu dari 18 temuan PPATK yang menjadi prioritas kerja Satuan Tugas Tindak Pidana Pencucian Uang (Satgas TPPU) sampai akhir 2023.

Selengkapnya baca disini
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023