Sebanyak 82 persen masyarakat menyatakan nyaman saat menonton pawai dan 94,97 persen menyatakan pertunjukan sangat mengesankan
Denpasar (ANTARA) - Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Bali I Gede Arya Sugiartha menyebut 1,6 juta orang telah berkunjung ke Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-45 tahun 2023 yang terlaksana sebulan terakhir.

“Dari hasil penghitungan melalui empat pintu masuk Taman Budaya jumlah total pengunjung Pesta Kesenian Bali 1.600.715 orang, naik dari tahun lalu yang 1,3 juta orang,” kata Arya saat penutupan PKB 2023 di Denpasar, Minggu.

Arya melaporkan data ini diambil berdasarkan kajian yang dilakukan Pemprov Bali dengan Universitas Warmadewa, yang secara rinci juga mendata ada 1.476 orang pengunjung yang merupakan wisatawan mancanegara, dengan rata-rata 57 kunjungan per hari.

Pesta Kesenian Bali tahun ini sendiri dilaksanakan sejak 18 Juni lalu, dan berakhir hari ini setelah menyelesaikan rangkaian acara berupa pawai, pagelaran, lomba, parade, pameran, lokakarya, sarasehan, penghargaan, pekan kebudayaan daerah dan Bali World Culture Celebration.

Dari 1,6 juta pengunjung festival seni itu, Pemprov Bali menemukan bahwa 94,95 persen dari mereka menyatakan puas dengan PKB tahun 2023.

“Sebanyak 82 persen masyarakat menyatakan nyaman saat menonton pawai dan 94,97 persen menyatakan pertunjukan sangat mengesankan,” sebut Arya.

Sebanyak 84,95 persen diantaranya menilai pertunjukan Pesta Kesenian Bali kali ini lebih baik dari tahun sebelumnya, dan 97,34 persen setuju bahwa kegiatan ini dapat menjadi sarana pembelajaran mengenai bahasa, budaya, dan sejarah.

Di tengah gelaran PKB, panitia turut membuka pameran usaha, dari data yang mereka kumpulkan sebanyak 94,28 persen pengunjung merasa nyaman dalam bertransaksi dan menilai PKB dapat meningkatkan kunjungan dan bisnis usaha kecil.

“Dari sisi seniman yang terlibat, 97,91 persen menyatakan puas dengan layanan panitia, bagi peserta lomba 93 persen juga mengatakan pengalaman saat lomba sangat luar biasa. 98,43 persen seniman menilai PKB mampu meningkatkan kesempatan kerja masyarakat dan seniman, serta 95,12 persen seniman menyatakan Pemprov Bali telah membuat kebijakan tepat dalam peningkatan tata kelola PKB,” sambung Kepala Disbud Bali.

Selain dilihat dari kunjungan langsung, Disbud Bali mendata sebanyak 54 ribu orang mengunjungi portal daring mereka selama periode acara, di mana kanal YouTube mereka juga mengalami peningkatan jumlah penonton.

“Penonton YouTube Disbud Bali 3.100 orang dengan penayangan tertinggi pada lomba baleganjur remaja yaitu 48.990 kali ditonton, bahkan terdapat data pengunjung liar negeri yaitu Singapura, Amerika, Jepang, Australia serta dalam negeri Surabaya, Makassar, Semarang, Jakarta,” tutur Arya Sugiartha.

Baca juga: Dispar sebut Pesta Kesenian Bali menarik kunjungan wisatawan domestik
Baca juga: Gubernur sampaikan alasan Pesta Kesenian Bali dibuka Megawati

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023