Apalagi Bali paling mudah aksesnya, amenities lengkap, hotel dari non bintang sampai bintang lima lengkap.
Denpasar (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun menyebut gelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023 ini dapat menarik kunjungan wisatawan domestik, bahkan belum genap sepekan berlangsung sudah terlihat pergerakannya.

“Pertama jelas PKB ini kan untuk mengisi liburan sekolah, banyak sekarang wisatawan domestik melihat PKB, ada beberapa yang sudah mulai menonton karena ini juga sudah kami sampaikan ke seluruh dunia,” kata Tjok Bagus Pemayun, di Denpasar, Selasa.

Beberapa wisatawan domestik yang diketahui antusias terhadap kegiatan seni yang berlangsung 18 Juni-16 Juli 2023 ini berasal dari kawasan Sumatera dan Jawa.

Hal ini diketahui Tjok Bagus melalui informasi kepala dinas pariwisata kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia yang berkoordinasi melalui media sosial.

Umumnya yang mereka saksikan pada Pesta Kesenian Bali adalah atraksi dari kabupaten/kota se-Bali yang terbuka untuk umum dan gratis, kemudian ekonomi kreatif serta usaha mikro kecil menengah yang menarik dilihat atau dibeli.

Dari data yang dikantongi Dispar Bali, di bulan ini rata-rata kedatangan wisatawan domestik mencapai 13-14 ribu per hari, dan diprediksi puncaknya akan berlangsung pada akhir Juni hingga awal Juli tepatnya pada momentum libur sekolahan.

“Apalagi sekarang akhir Juni ada Idul Adha kan ada cuti bersama itu, membantu juga kalau sudah libur panjang untuk sektor pariwisata jelas. Apalagi Bali paling mudah aksesnya, amenities lengkap, hotel dari non bintang sampai bintang lima lengkap,” ujar Tjok Bagus.

Meski lebih potensial untuk menggaet wisatawan domestik, kehadiran wisatawan mancanegara juga tak kalah untuk menyaksikan PKB, apalagi saat ini rata-rata dalam sehari sebanyak 15-16 ribu wisman masuk melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Pada tahun ini, Dispar Bali merilis Calendar of Event yang berisi rentetan kegiatan di Pulau Dewata dalam setahun yang disebarluaskan kepada wisatawan mancanegara, salah satu di dalamnya berisi jadwal Pesta Kesenian Bali.

“Iya sudah masuk list Calendar of Event juga masuk bantuan Kharisma Event Nusantara, wisatawan mancanegara sudah mengenal apalagi ini sudah ke-45 jadi betul-betul sudah mulai melihat wisatawannya,” kata Tjok Bagus Pemayun.
Baca juga: Pemkot Denpasar libatkan 200 seniman dalam pawai Pesta Kesenian Bali
Baca juga: Gubernur sampaikan alasan Pesta Kesenian Bali dibuka Megawati

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023