Jakarta (ANTARA) -
Persija Jakarta meraih kemenangan perdananya di Liga 1 musim 2023/2024, setelah menaklukkan Bhayangkara Presisi dengan skor 4-1 di Stadion Patriot Candrabagha, Bekasi, Minggu malam.
 
Hasil itu membuat Persija kini menghuni posisi keenam dengan lima poin di klasemen sementara. Sedangkan Bhayangkara tertahan di dasar klasemen dengan nol poin.
 
Tuan rumah Persija mencoba menggebrak pada menit kelima saat Ryo Matsumura melesak di sisi kiri, dan mengirimkan umpan silang yang gagal disambut Maciej Gajos dan Simic.
 
Namun pada menit keenam justru Bhayangkara yang mampu memecah kebuntuan. Matias Mier mengirimkan umpan lambung yang melewati beberapa pemain Persija, bola kemudian diterima Crislan Henrique yang berhadapan dengan kiper Andritany Ardhiyasa dan mencungkilnya untuk membobol gawang Persija.
 
Persija coba segera menyamakan kedudukan. Dua peluang mereka dapatkan dari tembakan lemah Resky Fandi yang mengarah ke kiper Awan Setho, tembakan Simic yang membentur pemain Bhayangkara.

Baca juga: Bhayangkara FC siap ladeni permainan Persija Jakarta
 
Gol penyama kedudukan Persija akhirnya tercipta pada menit ke-14. Riko Simanjuntak bergerak meliuk di sisi kanan pertahanan Bhayangkara untuk kemudian mengakhiri tariannya dengan sepakan spekulasi yang berujung kepada gol.
 
Pelanggaran yang dilakukan pemain Bhayangkara terhadap Ryo di kotak terlarang pada menit ke-17 membuat Persija mendapat hadiah penalti. Eksekusi penalti dilakukan dengan sempurna oleh Simic untuk membuat Persija berbalik unggul 2-1.
 
Gol tersebut sekaligus merupakan gol pertama Simic di Liga 1 musim 2023/2024.
 
Pundi-pundi gol Simic kemudian bertambah pada menit ke-34. Kali ini ia menerima operan dari sisi kanan pertahanan Bhayangkara, dan berbalik badan untuk melepaskan tembakan akurat menembus gawang Awan Setho.
 
Menjelang turun minum, Simic mendapat peluang bagus untuk melengkapi trigolnya. Namun sepakan kerasnya masih melambung di atas mistar gawang. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 3-1 bagi Persija.

Baca juga: Doll minta Persija Jakarta tampil percaya diri hadapi Bhayangkara FC
Baca juga: Bali United menang 2-1 lawan Madura United
 
Bhayangkara menggebrak sejak awal babak kedua untuk berusaha memperkecil ketertinggalan. Dari satu kemelut di depan gawang, mereka mendapat peluang bagus yang dapat dipatahkan kiper Andritany.
 
Tidak lama kemudian, Andritany kembali menjadi penyelamat Persija saat ia berhasil menahan sepakan Matias pada menit ke-52. Demikian pula sepakan Crislan yang juga mampu ditahan sang kapten Persija.
 
Bhayangkara lebih banyak memegang kendali permainan, namun justru Persija yang mampu memperbesar keunggulan. Pada menit ke-74, pemain pengganti Akbar Arjunsyah sukses menyambar umpan silang mendatar, untuk membuatnya mengemas gol perdananya bagi Persija.
 
Kedua tim masih bergantian memiliki peluang menjelang laga usai. Kiper Awan Setho berhasil menggagalkan sepakan Firza Andika, dan Andritany mampu menahan tandukan Henrique untuk mengamankan kemenangan 4-1 bagi tuan rumah.
 
Daftar susunan pemain:
 
Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa, Ilham Rio Fahmi, Ondrej Kudela, Rizky Ridho, Hansamu Yama, Firza Andika, Resky Fandi, Maciej Gajos, Riko Simanjuntak, Ryo Matsumura, Marko Simic
 
Bhayangkara Presisi: Awan Seto Rahardjo, Fatchu Rochman, Abdul Rahman, Anderson Salles, David Maulana, Ahmad Najem, Dylan Alain, Sani Rizki, Matias Mier, Dendy Sulistyawan, Crislan Henrique da Silva

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023