Jakarta (ANTARA) - Penyanyi sekaligus aktris Inggris-Prancis Jane Birkin, yang menjadi inspirasi rumah mode Hermès mendesain tas tangan mewah Birkin, meninggal dunia dalam usia 76 tahun pada Minggu (16/7) waktu setempat.

Mengutip The Hollywood Reporter, berita itu diumumkan oleh Menteri Kebudayaan Prancis pada Minggu (16/7). Surat kabar Le Parisien dan saluran berita Prancis BFM TV melaporkan bahwa Birkin ditemukan meninggal dunia di rumahnya di Paris. Birkin menderita stroke ringan pada 2021.

Sebagai penyanyi, Birkin terkenal karena duetnya dengan Serge Gainsbourg lewat lagu "Je t’aime…moi non plus" pada 1969 yang dilarang di beberapa negara dan dikecam oleh Vatikan karena menggambarkan konten seksual.

Baca juga: Apple Watch Hermes segera hadir secara online

Birkin menjalin hubungan dengan Gainsbourg selama 13 tahun dan dikenal sebagai pasangan paling berpengaruh di Prancis. Birkin memiliki tiga putri, yaitu Kate, dari pernikahannya dengan komposer James Bond John Barry; Charlotte Gainsbourg, dari hubungannya dengan Gainsbourg; serta Lou Doillon, dari hubungannya dengan sutradara Jacques Doillon.

Di samping penyanyi, Birkin dikenal membintangi film-film termasuk "La Piscine", "The Pleasure Pit", "Death on the Nile", dan "One Hundred and One Nights". Dia juga menyutradarai filmnya sendiri, "Boxes", yang tayang perdana di Festival Film Cannes pada 2007.

Birkin dikenal memiliki gaya fesyen yang menjadi ikon mode pada 1970-an. Mengutip WWD, tas Birkin dari Hermès diperkenalkan pada 1984 setelah pertemuan kebetulan dengan Jean-Louis Dumas yang merupakan CEO Hermès saat itu.

Birkin bercerita dirinya ingin bisa menemukan tas yang sesuai dengan kebutuhannya sebagai ibu muda. Dumas pun mengatakan agar Birkin harus memiliki tas Hermès. Dumas akhirnya mendesain tas yang sesuai dengan kebutuhan Birkin, yang dilengkapi dengan ruang lebar dan saku.

Tas Birkin menjadi salah satu tas eksklusif yang paling didambakan di dunia hingga saat ini. Di antara figur terkenal di dunia yang juga menggunakan tas ini mulai dari keluarga Kardashian-Jenner, Victoria Beckham, hingga sosialita Jamie Chua.

Baca juga: Hermes buat catwalk Paris Fashion Week di hanggar bandara

Baca juga: Harga terus menanjak, tas mewah jadi investasi menggiurkan

Baca juga: Hermes donasikan 30 juta dolar untuk penanganan corona

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023