... fasilitas terbaru di Terminal 3, sebagai peningkatan pelayanan dan kenyamanan pengguna jasa bandara... "
Tangerang, Banten (ANTARA News) - 10 perusahaan bidang konstruksi dalam Konsorsium Kawahapejaya Indonesia KSO berjanji akan memberikan fasilitas terbaru di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Sampai tahap akhir pengembangan, 25 juta penumpang setahun bisa diakomodasi.

"Akan ada fasilitas terbaru di Terminal 3, sebagai peningkatan pelayanan dan kenyamanan pengguna jasa bandara," kata Direktur Utama PT Wijaya Karya, Bintang Perbowo di sela-sela penandantangan kerjasama dengan Kawahapejaya Indonesia KSO di Kantor Pusat Bandara Soekarno-Hatta, Senin.

Pelayanan tersebut meliputi system penanganan bagasi, enam gerai check-in elegan, keseragaman penyewa yang terintegrasi, pembuatan furnitur berkonsep budaya Indonesia serta wahana pameran ikan.

Sekretaris Angkasa Pura II, Trisno Heryadi, menambahkan, beberapa aspek yang akan dikerjakan dalam pengembangan Terminal 3 meliputi pekerjaan struktur, arsitektur, interior furniture, mekanikal-elektrikal, pertamanan, elektronika bandara, peralatan khusus, fasade, interior, MEP, parkir kendaraan, utilitas, jalan dan jembatan layang, penataan dan penyusunan Dermaga 1.

"Selama pengerjaan nantinya, telah dilakukan pengkondisian pelaksanaan proyek dan pengaturan lalu lintas kendaraan agar tidak menganggu," ujarnya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Tri S Sunoko, sebelumnya mengatakan pihaknya dan konsorsium Kawahapejaya Indonesia KSO menandatangani kerjasama pengembangan Terminal 3 (T3 Ultimate) Bandara Soekarno-Hatta, dengan nilai proyek sebesar Rp 4,7 Triliun.

Pengembangan Terminal 3 akan dikerjakan selama 850 hari dalam tiga tahapan. Tahap I (September 2014) sehingga menambah kapasitas sebanyak 8 juta penumpang pertahun. Tahap II (Januari 2015) dan mampu menambah kapasitas daya tampung menjadi 21 juta penumpang pertahun. 

Tahap III (Juli 2015) dan mampu menambah kapasitas daya tampung menjadi 25 juta penumpang pertahun.

Saat ini Terminal 3 cuma seluas 34.000 meter persegi dengan daya tampung 4 juta penumpang setahun. Namun, pasca pengembangan maka luas Terminal 3 menjadi 354.000 meter persegi dengan lahan parkir 88.000 meter persegi, VIP 7.000 meter persegi. "Daya tampungnnya bisa mencapai 25 juta penumpang per tahun," ujarnya. (*)

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013