Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan penghargaan UMKM Award 2023 kepada pelaku usaha dan penyandang disabilitas, sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah kepada pelaku usaha dalam mendorong perekonomian masyarakat.

"Selamat kepada para pemenang lomba wirausaha pemula dan disabilitas berdaya tahun ini," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Suganda saat menghadiri pemberian penghargaan  di Pangkalpinang, Senin malam.

Ia mengatakan, penghargaan untuk UMKM itu  sebagai wujud dukungan motivasi dan stimulasi kepada pelaku usaha mikro kecil menengah dalam mendukung program pemerintah mengembangkan usaha kecil yang berdaya saing di pasar global.

"UMKM Award ini untuk mendorong dan memperkuat usaha kecil menengah di daerah ini," katanya.

Ia menyampaikan untuk membantu memperkuat UMKM, pemerintah berkomitmen mendorong UMKM yang potensial untuk  tumbuh agar mampu masuk ke dalam ekosistem digital.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yulizar Adnan menjelaskan gelaran  penghargaan untuk UMKM  itu  baru pertama kali diselenggarakan  dan  merupakan wujud kepedulian pada UMKM di Babel.

Ia menambahkan pemilihan pemenang  berdasarkan  penilaian  yang melibatkan perguruan tinggi di Babel yakni UBB dan Pertiba. Tim  turun ke lapangan untuk menilai dan semua berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

"Kami berharap melalui kegiatan ini bisa memotivasi  UMKM untuk lebih giat lagi dalam meningkatkan usaha," katanya. 

Pewarta: Aprionis
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023