Disediakan daging ayam ras dengan harga jual mengacu HAP yakni Rp35.000/ekor dengan berat 0,9-1 kg
Jakarta (ANTARA) - Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) bersama pemerintah daerah dan pelaku usaha bidang perunggasan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) Daging Ayam Ras di 115 titik di Jabodetabek mulai Selasa ini hingga akhir Juli 2023 sebagai upaya menjaga inflasi.

"Kami bersama supplier daging ayam ras, didukung pemda dan BUMD pangan setempat, menggelar GPM di berbagai titik di Jabodetabek untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan serta untuk menjaga inflasi Juli sesuai target Bapak Presiden Jokowi," kata Kepala NFA Arief Prasetyo Adi di Jakarta, Selasa.

Pelaksanaan GPM, menurut dia, untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga daging ayam ras di Jabodetabek yang saat ini harganya cenderung meningkat dan beberapa lokasi di atas harga acuan pemerintah (HAP) di konsumen Rp36.750/kg, yaitu sekitar Rp40.000/kg dan bahkan lebih tinggi lagi.

Dalam GPM tersebut, yang dilaksanakan di pasar tradisional, kantor kelurahan, dan kecamatan, rusun, kios PT CPI dan Japfa, serta lokasi lainnya yang mudah diakses masyarakat tersebut, disediakan daging ayam ras dengan harga jual mengacu HAP yakni Rp35.000/ekor dengan berat 0,9-1 kg.

Pasokan yang disediakan mencapai lebih dari 100 ton daging ayam ras setiap hari.

Lebih lanjut, Arief menyampaikan bahwa upaya stabilisasi pasokan dan harga daging ayam ras dilaksanakan untuk memberi manfaat bagi banyak pihak baik produsen, pedagang, hingga masyarakat.

"Sehingga, tidak hanya dilakukan di pasar tradisional dan ruang publik di Jabodetabek saja, namun juga di outlet-outlet penjualan daging ayam ras milik perusahaan yang tersebar secara nasional dan terus dikawal oleh teman-teman kita dari Satgas Pangan Polri," ucapnya.

Sementara itu, Satgas Pangan Polri Kombes Pol Hermawan menegaskan pihaknya terus berkoordinasi dengan jajaran polda guna mengawal pelaksanaan kegiatan tersebut agar bisa berjalan kondusif.

"Satgas Pangan Polri sangat mengapresiasi langkah Badan Pangan Nasional bersama para stakeholders untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga daging ayam ras, kami akan terus mengawal agar berjalan lancar pelaksanaannya di lapangan," tuturnya.

Baca juga: NFA tingkatkan fasilitasi serapan ayam hidup peternak mikro dan kecil
Baca juga: NFA beli ayam hidup dari peternak agar harga stabil
Baca juga: NFA tingkatkan penyerapan dari peternak, jaga stabilisasi harga ayam


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023