Jangan sekadar ditangkap kemudian dilepas. Tapi harus ada efek jera, tembak di tempat jika diperlukan
Medan (ANTARA) - Sebanyak 1.200 orang relawan dari Rumah Kolaborasi Bobby Nasution (RKBN) berkumpul di Lapangan Merdeka Medan pada Minggu 16 Juli 2023 pagi. Ada sejumlah kegiatan dilakukan, di antaranya jalan santai, aksi dukung berantas begal hingga kutip sampah bareng di lokasi Car Free Day.

Para relawan melakukan senam bersama masyarakat umum terlebih dahulu sebelum melakukan jalan santai. Setelahnya mereka berjalan santai mengelilingi seputaran Lapangan Merdeka Medan yang pada hari yang sama sedang ada kegiatan Car Free Day dilaksanakan Dispora Medan.

"Kegiatan jalan santai ini merupakan ajang silaturahmi bagi kawan-kawan relawan Bobby Nasution. Sekaligus ini sebagai bentuk mendukung program Medan Sehatnya Bobby Nasution selaku Wali Kota Medan," kata Ketua RKBN, Muhammad Asril di sela kegiatan.

Dikatakan Asril, jalan santai relawan ini adalah salah satu kegiatan yang digagas elemen masyarakat yang tergabung dalam RKBN. Sebab selama ini RKBN terus membangun kolaborasi dengan masyarakat dalam mendukung program dan kebijakan pembangunan Pemko Medan yang dinakhodai Bobby Nasution.

Seusai jalan santai, tampak para relawan dan masyarakat melakukan aksi tandatangan dukungan terhadap Bobby Nasution dalam memberantas begal di Kota Medan dan sekitarnya. Setidaknya, lebih dari 1.000 tandatangan yang mendukung Bobby Nasution tetap tegas memberantas begal.

"Begal bagi kami masyarakat adalah pelaku kejahatan yang mengancam sendi kehidupan kita. Maka kami mendukung Bang Bobby Nasution tetap tegas memberantas begal. Kota Medan ini memang butuh orang-orang tegas seperti Bobby Nasution," kata Hutomo Wijaya, salah seorang warga yang ikut menandatangani dukungan.

Osan Candra, warga lainnya yang ikut menandatangani dukungan itu berujar, begal menebar teror bagi masyarakat. Maka diperlukan tindakan tegas terukur untuk memberantas-nya.

"Jangan sekadar ditangkap kemudian dilepas. Tapi harus ada efek jera, tembak di tempat jika diperlukan," tegas Osan Candra.

Selain jalan santai, RKBN juga memamerkan produk-produk UMKM binaan para relawan. Di antaranya Relawan Bobby Nasution Untuk Semua (BONUS) yang memamerkan produk tanaman vanilla.

"Ini kita tanam dan jemur sendiri. Kemasannya pun kita yang kemas sendiri," kata Daulat dari Relawan BONUS.

Para relawan juga tampak melakukan kutip sampah bersama di lokasi Car Free Day. "Ya kita harus tetap jaga Kota Medan yang bersih ini. Kalau bukan kita, siapa lagi," tutur Reyyan Naposo, pengurus RKBN.

Pewarta: Riza Mulyadi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023