Tokyo (ANTARA) - Tim Indonesia meraih prestasi dengan menyabet dua medali perak, satu perunggu serta dua penghargaan honorary mention pada International Physics Olympiad (IPhO) ke-53 di Jepang.

Atas capaian tersebut, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi di Tokyo, Selasa, menyampaikan apresiasinya.

“Terima kasih atas kerja keras kalian yang telah membuat bangga Indonesia. Teruslah mendalami bidang dan keilmuan yang terkait dengan ilmu fisika di masa depan. Saya yakin kemampuan dan kompetensi kalian akan dibutuhkan bagi kemajuan negeri,” katanya.

Delegasi Tim Olimpiade Fisika Indonesia tersebut adalah Fansen Candra Funata dari SMA Darma Yudha Pekanbaru Riau, Savero Lukianto Chandra (SMA Fransiskus Bandar Lampung), Muhammad Arif Khalfani Ismail (SMA Fatih Banda Aceh), Ahmad Nafi Ramadhan (SMAS Al Kahfi Bogor) dan Muhammad Zaidan Naja (MAN 2 Malang).

Para siswa tersebut menorehkan prestasi setelah berkompetisi melawan 394 peserta dari 80 negara yang turut ambil bagian dalam IPhO ke-53 itu.

Kelima siswa tersebut merupakan pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2022 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Fansen Candra Funata menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kemenangan dan penghargaan dari Dubes Heri.

Tim Olimpiade Fisika Indonesia turut diundang oleh Heri untuk beramah-tamah di Wisma Duta Tokyo.

“Kami sangat bersyukur atas perolehan medali ini. Terima kasih atas dukungan Bapak Dubes sehingga bisa diterima di Wisma Duta. Ini pengalaman baru bagi kami,” kata Fansen.

Ramah tamah dengan Heri di Wisma Duta ini juga dihadiri para pembina siswa yang ikut mendampingi selama kompetisi, antara lain M Syamsu Rosid dari Universitas Indonesia, Bobby E. Gunara (Institut Teknologi Bandung/(ITB), Rinto Anugraha (Universitas Gadjah Mada/(UGM) dan Riza Riano dari SMAS Fatih Bilingual School–Bogor.

Baca juga: Indonesia raih emas dalam Olimpiade Fisika Dunia
Baca juga: Mendikbud nilai siswa olimpiade jalankan diplomasi bangsa
Baca juga: Tim Olimpiade Fisika Indonesia Berhasil Pertahankan Emas


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023