Jakarta (ANTARA) - Siswa Indonesia yang tergabung dalam Tim Olimpiade Fisika Indonesia berhasil meraih prestasi membanggakan di ajang Olimpiade Fisika Internasional atau International Physics Olympiad (IPhO) ke-53 di Tokyo, Jepang.
 
“Keberhasilan mereka meraih dua perak, satu perunggu, dan dua Honourable Mentions merupakan suatu kebanggaan untuk Indonesia," kata Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Hendarman melalui keterangan tertulis yang disiarkan di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Indonesia raih emas Olimpiade Fisika Internasional
 
Kelima siswa yang berprestasi dalam ajang tersebut adalah Savero Lukianto Chandra (SMA Fransiskus Kota Bandar Lampung) dan Fansen Candra Funata (SMA Darma Yudha Pekanbaru) yang meraih medali perak.
 
Adapun medali perunggu diraih oleh Muhammad Arif Khalfani Ismail (SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh), sedangkan Honourable Mentions diraih oleh Muhammad Zaidan Naja (MAN 2 Kota Malang) dan Ahmad Nafi Ramadhan (SMA Al Kahfi Kabupaten Bogor).
 
"Ini luar biasa sekali dan menjadi suatu pembangkit untuk daerah lainnya," ujar Hendarman.

Baca juga: Jatim pertahankan juara umum Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia
 
Dia mengatakan Puspresnas akan mengadakan evaluasi terkait ajang tersebut, agar dapat menjadi lebih baik di ajang berikutnya.
 
Hendarman berharap agar pada ajang talenta internasional lainnya, Indonesia bisa meraih prestasi lebih baik lagi.
 
Tercatat Tim Indonesia di ajang IPhO tahun ini bersaing dengan 394 peserta dari 80 negara. Pada hari Selasa (11/7) Tim Indonesia mengikuti Tes Eksperimen dan pada hari Kamis (13/7) dilanjutkan dengan Tes Teori.

Baca juga: Siswa asal Riau meraih medali di Olimpiade Matematika Dubai
 
Terkait ajang tersebut, salah satu siswa peraih medali perak, Savero Lukianto Chandra mengatakan bahwa ajang IPhO tahun ini berjalan dengan sangat kompetitif.
 
"Saya berharap melalui prestasi di IPhO ini bisa membawa saya ke masa depan yang lebih cemerlang," kata Savero.

Baca juga: Pelajar NTB juara 1 Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia
 
IPhO merupakan kompetisi bergengsi tahunan bagi pelajar seluruh dunia yang berbakat di bidang fisika, yang pada tahun ini diselenggarakan di Tokyo, Jepang.
 
Setelah tiga tahun berturut-turut diadakan secara daring, pada akhirnya IPhO ke-53 dapat diselenggarakan secara luring pada 10-17 Juli 2023 ini.

Baca juga: Jawa Timur raih juara umum O2SN
Baca juga: Siswa Indonesia raih medali emas dalam olimpiade internasional

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023