tarif pas masuk calon penumpang domestik naik dari Rp10 ribu per orang menjadi Rp15 ribu per orang
Tanjungpinang, Kepri (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional I Cabang Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menaikkan tarif Pas Masuk Penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang sebesar 50 persen mulai 1 Agustus 2023.

"Kenaikan ini dilaksanakan bertahap dan tetap memperhatikan tarif pelabuhan di sekitar Pelabuhan SBP, termasuk Pelabuhan Stulang Laut Malaysia yang merupakan jalur internasional dari Tanjungpinang," kata GM PT Pelindo (Persero) Tanjungpinang, Darwis di Tanjungpinang, Selasa.

Dengan adanya kenaikan tarif Pas Masuk Pelabuhan SBP Tanjungpinang sebesar 50 persen, katanya, maka tarif pas masuk calon penumpang domestik naik dari Rp10 ribu per orang menjadi Rp15 ribu per orang.

Sementara bagi calon penumpang internasional, khusus warga negara Indonesia (WNI) naik menjadi Rp75 ribu per orang, dan warga negara asing (WNA) menjadi Rp100 ribu per orang.

Darwis mengatakan penyesuaian tarif pas baru tersebut diiringi dengan peningkatan kualitas pelayanan bagi pengguna jasa Pelabuhan SBP Tanjungpinang.

Menurutnya, tarif pas pelabuhan yang berlaku saat ini sudah berlangsung sejak lima tahun terakhir, di mana seharusnya bisa dilakukan tiga kali penyesuaian tarif.

Baca juga: Pelindo Tanjungpinang cegah penumpukan penumpang mudik Lebaran 2023

"Tujuan utama kami adalah meningkatkan kualitas layanan, karena kalau bertahan dengan tarif saat ini, akan membuat pelayanan Pelabuhan SBP dari tahun ke tahun semakin tertinggal," ujar dia.

Selain itu, ia menambahkan bahwa manajemen Pelindo tidak bisa melakukan pengembangan layanan Pelabuhan SBP Tanjungpinang apabila enggan melakukan penyesuaian tarif masuk penumpang

Kendati secara cash flow tidak naik, namun pembiayaan operasional meningkat setiap tahun dipicu adanya peningkatan upah minimum provinsi (UMP), BBM, hingga inflasi.

"Makanya harus diimbangi dengan kenaikan tarif pelabuhan yang baru. Semoga masyarakat dapat memaklumi dan menerima kebijakan ini," demikian Darwis.

Baca juga: Pelindo 1 Tanjungpinang salurkan dana kemitraan dukung UMKM

Baca juga: KITB gandeng Pelindo kembangkan Pelabuhan Jetty di Batang Jateng



 

Pewarta: Ogen
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023