Saya menjadi gubernur tinggal tujuh minggu lagi. Semua pencapaian mudah-mudahan bisa diapresiasi dan yang kurang-kurangnya tentu akan jadi evaluasi
Purwakarta (ANTARA) - Gubernur Ridwan Kamil berharap agar pencapaian selama memimpin Provinsi Jawa Barat (Jabar) bisa diapresiasi oleh berbagai pihak.

"Saya menjadi gubernur tinggal tujuh minggu lagi. Semua pencapaian mudah-mudahan bisa diapresiasi dan yang kurang-kurangnya tentu akan jadi evaluasi," kata Ridwan Kamil saat kunjungan kerja di Purwakarta, Selasa.

Ia menyampaikan selama lima tahun menjabat gubernur ada 530 penghargaan yang telah diterima. Hal itu menandakan ada 530 perubahan yang telah dilakukan di Jabar.

Sebagai contoh, katanya, di bidang ekonomi yang pertumbuhannya tertinggi di Pulau Jawa adalah Provinsi Jabar. Bahkan, 25 persen yang kerja di Jabar,  kata dia,  bukan warga ber-KTP Jabar. Hal itu menandakan betapa "manisnya" perekonomian di provinsi tersebut.

Selanjutnya, kata dia, penanganan stunting terbaik di Pulau Jawa pun ada di Provinsi Jawa Barat. Kemudian sejak pandemi COVID-19 tahun 2021 sampai Maret tahun ini ada 310.000 warga Jawa Barat berubah statusnya menjadi tidak miskin lagi.

Baca juga: Realisasi Investasi Jabar Triwulan I 2023 tertinggi secara nasional

"Jadi dalam dua tahun sebanyak 310.000 warga Jawa Barat terangkat derajatnya, tidak lagi berstatus fakir miskin, tapi kelas menengah. Alhamdulillah," kata Ridwan Kamil.

Kabar baik berikutnya, kata dia, investasi tertinggi di Indonesia selama lima tahun berturut-turut dicapai Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

"Terakhir, jumlah investasi yang masuk (ke Jawa Barat), sedikitnya mencapai Rp175 triliun," kata Ridwan Kamil.

Ia menyebutkan kalau investor banyak yang berminat menanamkan investasi di wilayah Jawa Barat, karena sarana pendukung infrastrukturnya sudah cukup lengkap.

Ridwan Kamil  juga menyebutkan pada tahun ini akan melakukan pembangunan dan perbaikan jalan raya. Sebelumnya anggaran infrastruktur minim, karena anggarannya untuk penanganan COVID-19 dan sekarang perekonomian sudah membaik.

"Memasuki pensiun dari gubernur tahap pertama, (saya) cukup lega," kata Ridwan Kamil.

Baca juga: Dubes Rosan apresiasi Jabar jadi destinasi pariwisata dan investasi

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023