Beijing (ANTARA) - Ibu kota China, Beijing, pada Selasa mencatat rekor baru jumlah hari dengan suhu terpanas dalam setahun terakhir setelah gelombang panas menyelimuti kota itu selama 27 hari.

Pada pukul 12.20 waktu setempat, suhu yang diukur oleh stasiun cuaca patokan di Beijing di kawasan sub urban selatan setinggi 35,1 derajat Celcius atau menembus garis suhu tinggi 35 derajat Celcius.

Rekor sebelumnya untuk jumlah hari dengan suhu panas terbanyak adalah 26 hari pada 2000 setelah observatorium selatan didirikan pada 1951.

Baca juga: Gelombang panas saat ini bisa pecahkan suhu terpanas di Bumi

Di Beijing pada periode 1990-2020, rata-rata jumlah hari dengan suhu 35 derajat Celcius atau lebih adalah  10,6 hari, tulis Beijing Daily.

Sebagian besar China mengalami periode rekor suhu tinggi sejak bulan lalu dan Beijing terpanggang suhu ekstrem pada Juni ketika suhu melonjak di atas 41 derajat Celcius.

Dunia sedang dalam genggaman suhu ekstrem sehingga menambah urgensi membahas soal ini dalam pertemuan antara AS dan China pekan ini, sebagai dua negara penyumbang polusi terbesar di dunia.

Baca juga: Eropa selatan dilanda cuaca panas, Italia keluarkan peringatan

Sumber: Reuters
 

Penerjemah: Arie Novarina
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023