Siang ini diperkirakan harganya akan turun lagi
Yogyakarta (ANTARA News) - Harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional Kota Yogyakarta berangsur turun setelah sebelumnya sempat menembus kisaran harga Rp60.000 hingga Rp70.000 per kilogram.

"Setelah pasokan berangsur datang pada kemarin siang, harga bawang mulai turun. Kemarin saya masih menjual Rp60.000 per kg, dan sekarang saya berani menjual Rp50.000 per kg," kata seorang pedagang, Marwiyah, di Pasar Demangan, Yogyakarta, Rabu.

Menurut Marwiyah pada siang ini harga bawang putih akan kembali mengalami penurunan hingga mencapai Rp35.000 per kg setelah pasokan dari Solo datang.

"Nanti siang ini diperkirakan harganya akan mulai turun lagi hingga mencapai Rp35.000 per kg," katanya.

Seiring penurunan harga tersebut, kata dia, rata-rata pembeli masih belum berani membeli banyak karena masih menunggu harga turun kembali.

"Pembelian masih sedikit-sedikit, rata-rata sekitar satu ons, dua ons, paling banyak setengah kilo," katanya.

Sementara itu, pedagang bawang putih di Pasar Sentul, Nur juga mengaku mulai menurunkan harga hingga Rp50.000 per kg.

Namun demikian, Nur belum berani mengambil banyak stok bawang putih karena dikhawatirkan akan kembali mengalami penurunan drastis.

"Saya masih takut mengambil banyak-banyak, saya masih menunggu harganya stabil dulu," katanya.

Meskipun harga bawang putih telah berangsur turun, namun Nur mengaku untuk stok bawang putih lama masih dijual mengikuti harga lama yakni antara Rp55.000 hingga Rp60.000 per kg.

"saya tetap menghabiskan stok lama, dengan harga jual yang masih agak tinggi. kalau tidak begitu nanti rugi," katanya.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013