Jakarta (ANTARA) - Aktris Oki Setiana Dewi tengah merayakan Tahun Baru Islam di Makkah bersama keluarganya dan membagikannya melalui akun Instagram pribadinya.
 
Melalui unggahan video di Instagram yang dibagikan Oki bersama sang suami, Ory Vitrio, Rabu, terlihat objek Ka’bah yang telah diganti kiswahnya atau selubung permadani penutupnya. Setiap tahun, kiswah akan diganti sebanyak dua kali, yakni setiap tanggal 9 Dzulhijah dan 1 Muharam seperti hari ini.
 
“Masya Allah. Bisa melihat langsung penggantian kiswah Ka’bah yang biasanya diganti pada tanggal 9 Dzulhijah yang di mana jamaah haji sedang berada di Arafah. Sudah 2 kali diganti setiap 1 Muharam setiap tahunnya. Makkah 1 Muharam 1445/ Rabu, 19 Juli 2023,” tulis keterangan dalam video tersebut.
 
Diketahui, Oki dan keluarga tengah menjalankan ibadah Haji sejak beberapa waktu lalu. Hingga saat ini, mereka masih berada di Tanah Suci Makkah dan belum kembali ke Indonesia.

Baca juga: Gus Miftah tanggapi ceramah Oki Setiana Dewi soal suami pukul istri
 
Sementara itu, saat tengah menunaikan ibadah Haji tahun ini, Oki turut mengajak sang ibu untuk menunaikan salah satu dari rukun Islam tersebut. Namun, sang ibu sempat dilarikan ke ruang ICU di Makkah pada 26 Juni lalu karena kondisi kesehatannya.
 
Dalam unggahan yang berbeda, Oki menceritakan bahwa sang ibu telah masuk ruang ICU selama 5 hari. Dokter pun mengatakan ibunya sempat mengalami henti napas selama tujuh menit dalam kondisi koma dan tulang dada yang retak karena CPR (tindakan pertolongan pertama bantuan hidup dasar pada orang yang mengalami henti napas).
 
Bahkan, ibunya harus mendapatkan tindakan trakeostomi atau pembolongan leher untuk membantu jalan napasnya. Dokter pun memprediksi bahwa sang ibu harus menggunakan ventilator terus menerus dan membutuhkan perawatan dalam waktu lama.

Baca juga: Ribuan orang ikut pawai obor peringati Tahun Baru Islam di Banjarmasin
 
Syukurnya, ibu dari Oki Setiana Dewi tersebut dapat melewati kondisi komanya dan berangsur pulih. Ventilator yang digunakan ibunya akhirnya dapat dilepas pada 14 Juli 2023 kemarin. Sebagai rasa syukur, Oki pun datang ke depan Ka’bah untuk sujud syukur kepada Tuhan atas karunia kesembuhan ibunya.
 
Kini, Oki Setiana Dewi selain dikenal sebagai penceramah dan aktris, ia bersama suaminya tengah menjalankan beberapa bisnis. Beberapa bisnisnya tersebut, antara lain pondok pesantren tahfiz “Maskanul Huffadz” di daerah Tangerang Selatan, kursus bahasa Arab, hingga obat-obatan herbal.

Baca juga: Merapah jalan tengah dalam perjalanan hijrah

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023