Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Saiful Rahmat Dasuki mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk merefleksikan diri pada momen Tahun Baru Hijriah.

"Tahun Baru Hijriah menjadi momen refleksi diri lahir dan batin," katanya pada acara Gebyar Hijriah Tahun Baru Islam 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal Jakarta yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu.
 
Ia mengatakan seluruh umat Islam dapat merenungkan yang telah lalu, memperkuat komitmen keyakinan beragama, serta mengambil kesempatan memperbaiki diri pada tahun yang akan datang.
 
Pada momen ini, dia menyebutkan umat Islam harus menyikapi nilai yang dapat dipetik dari peristiwa tersebut, seperti Rasulullah SAW yang sabar dalam menerima ujian ketika berhijrah.
 
"Peringatan Tahun Baru Hijriah bukan hanya sekadar seremonial belaka," ujarnya.

Baca juga: Wamenag: Tahun Baru Hijriah menjadi inspirasi berbangsa dan bernegara
 
Dia menceritakan tentang Rasulullah menyelesaikan berbagai macam masalah antara kaum Muhajirin (kaum yang ikut berhijrah) dan kaum Ansar (kaum penduduk Madinah yang menolong), serta permasalahan di internal kaum Ansar.
 
Dia menyebutkan Rasulullah SAW berhasil meredam perpecahan antardua suku besar di dalam kaum Ansar yang sering berkelahi.
 
"Terutama di Bulan Muharam, yang termasuk bulan yang dimuliakan, sehingga dosa besar jika berperang," tuturnya.
 
Dia menyebutkan hikmah dari peristiwa ini tentang bagaimana masyarakat Indonesia dapat meredakan amarah penyulut perpecahan, fitnah, intoleransi, sentimen, perundungan, dan penganiayaan.
 
Dia berharap, seluruh umat Islam di Indonesia dapat mengambil hikmah dari peristiwa ini serta dapat menjadikan momen Tahun Baru Hijriah sebagai sarana untuk dapat merefleksikan diri.

Baca juga: Penarik becak hias ramaikan pawai Tahun Baru Islam 1445 Hijriah di JIC
Baca juga: Ribuan orang ikut pawai obor peringati Tahun Baru Islam di Banjarmasin
Baca juga: Kemenag ajak umat Islam perkokoh persaudaraan dalam maknai 1 Muharram

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023