Jayapura (ANTARA) - Ikatan Jurnalis Pelajar Nusantara (IJPN), relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi bersama SMK Negeri 6 Teknologi dan Rekayasa Kota Jayapura, Papua menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait peningkatan literasi sekolah.

Ketua Umum IJPN Roberthus Yewen dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jayapura, Rabu, mengatakan, selain peningkatan literasi sekolah, MoU tersebut juga untuk menguatkan literasi digital dan literasi jurnalistik serta peningkatan kemampuan berwirausaha pada bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun bisnis digital.

"Kerja sama dengan SMKN 6 Jayapura merupakan sebuah hal baik sekaligus momentum awal IJPN dalam mendampingi peserta didik di sekolah untuk bisa mengenal dunia jurnalistik, terlebih lagi bisa mulai belajar menjadi seorang jurnalis pelajar," katanya.

Baca juga: 45 sekolah di Manggarai Timur jadi model pembelajaran literasi

Menurut Yewen, selain SMKN 6 Jayapura. pihaknya juga akan membangun kerja sama dengan sekolah lainnya tidak hanya yang ada di Kota Jayapura tetapi juga di kabupaten dan kota lainnya di Tanah Papua.

Kepala Sekolah SMKN 6 Teknologi dan Rekayasa Kota Jayapura, Simon Tabisu mengatakan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu pesat di era revolusi industry 4.0 dan telah memasuki era society 5.0 di mana keduanya sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial.

"Sehingga kami mengapresiasi mitra baik IJPN, relawanTIK cabang Kota Jayapura dan Kururio Indonesia yang sudah memberikan perhatian dan tenaganya untuk bersama bergerak bergandeng tangan mendampingi siswa serta dapat memajukan sekolah dalam menghadapi tantangan global," katanya.

Baca juga: Penggiat literasi Lampung hadirkan sekolah rakyat beri akses baca anak

Ketua umum RelawanTIK Kota Jayapura Abraham Imbiri mengatakan pihaknya berharap dengan kerja sama tersebut ke depan pihaknya dapat membekali seluruh peserta didik SMKN 6 agar dapat memahami empat pilar literasi digital.

"Sehingga mereka tidak lagi terjebak atau termakan dengan informasi bohong (hoax) yang saat ini lagi marak terjadi," katanya.

Baca juga: Kaperpusnas: Koleksi buku di sekolah belum akomodasi kebutuhan siswa

Pihaknya juga akan memberikan pelatihan-pelatihan spesifik terkait dengan minat bakat siswa-siswi dalam menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dalam membuat karya-karya digital hingga bisa berdampak positif dalam menciptakan ruang-ruang digital yang aman dan nyaman bagi siswa.

Penandatanganan MoU antara IJPN dan SMKN 6 Teknologi dan Rekayasa Kota Jayapura berlangsung di Jayapura pada Selasa 18 Juli 2023.

Baca juga: Pojok Literasi Cerdas terima ratusan buku dari sekolah
Baca juga: Kemenkominfo selenggarakan sekolah vokasi hasilkan talenta digital

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023