Jakarta (ANTARA) - ASUS mengumumkan ponsel gaming ROG Phone 7 resmi hadir di pasar Indonesia, dengan harga mulai Rp10 jutaan untuk spesifikasi paling rendah.

"Kami menciptakan perangkat yang tidak hanya mendapatkan dukungan software untuk meningkatkan performa, namun kami juga sangat memperhatikan detail pada tiap komponen di dalamnya untuk memberikan performa terbaik yang tidak dapat ditemukan pada ponsel gaming lainnya," kata Direktur Regional Asia Tenggara ASUS Jimmy Lin soal ROG Phone 7, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Seri ke-7 ROG Phone itu terdiri atas dua model, yakni ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate. Ponsel bergaya futuristik itu hadir dengan chip besutan Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2, yang diklaim 15 persen lebih cepat dan 15 persen lebih hemat daya dibandingkan chip generasi sebelumnya.

ASUS memanfaatkan fitur efisiensi daya dari Qualcomm dengan memberikan sistem pendingin GameCool 7 untuk mendinginkan CPU seri ROG Phone 7 dari segala arah melalui tiga cara. Pada sesi singkat, senyawa thermal Boron Nitride di satu sisi CPU berfungsi untuk mengurangi perlambatan.

Baca juga: ASUS ROG Phone 7 series dilengkapi dengan Snapdragon 8 Gen 2

Untuk sesi tengah, pendinginan dilakukan oleh vapor chamber yang lebih besar dan lembaran grafit di sisi lain CPU. Untuk sesi marathon, seri ROG Phone 7 memiliki AeroAcgtive Cooler 7 dilengkapi kipas yang berada di atas modul CPU untuk pendinginan aktif bertenaga AS dan elemen Peltier untuk performa pendinginan ekstra.

Dukungan gaming juga terlihat dari kapasitas memori seri ROG Phone 7, ASUS memberikan kapasitas RAM LPDDR5X 8533 Mbps hingga 16GB sementara kapasitas penyimpanannya berupa UFS 4.0 hingga 512GB.

Untuk visual saat bermain game, ASUS memberikan seri ROG Phone 7 layar Samsung AMOLED 165 Hz yang memiliki touch sampling rate 720Hz dan tingkat kecerahan hingga 1.500 nits. ASUS menggunakan pemrosesan visual dari Pixelworks untuk akurasi warna.

Visualisasi gaming pada ponsel itu juga didukung perangkat lunak X Sense yang bisa membantu pengguna untuk mendeteksi peristiwa penting pada layar. Saat musuh mendekat atau terdapat benda penting yang muncul di peta, ponsel akan memberikan notifikasi "pop-up".

Baca juga: ASUS ROG Phone 6 edisi Diablo Immortal resmi meluncur di Indonesia

Seri ROG Phone 7 juga memiliki fitur X Capture yang secara otomatis merekam momen berharga saat bermain game, misalnya setelah mengalahkan musuh atau saat menang pertandingan.

ASUS seri ROG Phone 7 dibekali dengan kontrol ultrasonik AirTrigger yang memberikan pengalaman bermain game menggunakan konsol. AirTrigger mendukung berbagai gerakan, termasuk Dual Action, Press and Lift dan Gyroscope Aiming.

Pada bagian belakang ponsel, ASUS memiliki ROG Vision berupa warna matriks yang bisa menampilkan animasi dipicu peristiwa sistem, seperti status pengisian daya dan panggilan masuk. Pada ROG Phone 7 Ultimate, pengguna bisa membuat animasi yang dipersonalisasi.

Selain kemampuan gaming, seri ASUS ROG Phone 7 juga dibekali dengan tiga kamera belakang berupa lensa utama 50MP, ultra-wide angle 120 derajat 13MP dan lensa makro 5MP. Sementara di depan, terdapat lensa swafoto 32MP.

Di Indonesia, ASUS menyediakan dua pilihan penyimpanan untuk ROG Phone 7 reguler, yaitu versi 8GB+256GB seharga Rp10.999.000 dan versi 12GB+256GB Rp13.999.000. Untuk ROG Phone 7 Ultimate, ASUS hanya menyediakan penyimpanan 16GB+512GB seharga Rp18.999.000.

Baca juga: Asus ROG Phone 6 dan ROG 6D dapat pembaruan Android 13

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023