Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara
Medan (ANTARA) - Bbadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat yang diiringi guntur dan angin kencang di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba di Medan, Rabu, mengatakan masyarakat harus mewaspadai perubahan cuaca secara tiba-tiba yaitu hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat diiringi guntur dan angin kencang di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

"Kondisi tersebut berpotensi dapat terjadi di kawasan Pantai Barat, pegunungan, Lereng Timur dan Pantai Timur Sumatera Utara yang dapat mengakibatkan genangan air, banjir dan bencana hidrometeorologis lainnya," katanya.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan dan berpotensi hujan ringan di Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan dengan intensitas sedang dapat terjadi di wilayah di Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Tapanuli Selatan, P. Sidimpuan, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat dapat terjadi di Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Asahan, Tanjung Balai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan Dan Sekitarnya

Sementara suhu udara rata-rata 16.0 – 33.0 derajat celcius, kelembapan udara 60 – 98 persen dan angin berhembus dari barat daya b Barat dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: Rabu, BMKG prediksi cuaca sebagian besar Indonesia cerah berawan
Baca juga: BMKG perkirakan hujan tidak turun di DKI Jakarta pada Rabu
Baca juga: BMKG: Waspada hujan disertai petir di Kaltim pada 19-20 Juli

Pewarta: Juraidi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023