Denpasar (ANTARA) - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan Pangan) Provinsi Bali I Wayan Sunada menjelaskan soal adanya sapi yang terinfeksi rabies di Jembrana, di mana menurutnya virus tersebut tak hanya dapat menyerang manusia.

Di Denpasar, Rabu ia mengatakan, rabies atau disebut juga Lyssavirus hewan pembawanya adalah hewan berdarah dingin, seperti anjing, kucing, dan kera.

“Apabila hewan terinfeksi rabies ini menggigit manusia termasuk juga hewan digigit, itu juga akan tertular itu namanya zoonosis pasti akan tertular,” kata dia.

Baca juga: Komisi II DPRD Bali harapkan pencinta anjing ikut tangani rabies

Virus rabies yang menginfeksi manusia maupun hewan itu lama masa inkubasinya dua hingga delapan minggu, dan semuanya akan mengalami gejala yang sama seperti takut dengan sinar matahari, takut dengan air, takut keramaian dan sering bersembunyi.

“Sapi yang terinfeksi rabies di Jembrana kan mengamuk, artinya sudah kena penyakit anjing gila dia ikut gila yang digigit itu. Baik itu sapi, babi, manusia dan binatang lain yang digigit pasti akan terinfeksi,” ujar Sunada.

Baca juga: Distan Bali: Percepat pembentukan Tisira untuk penuntasan rabies

Akibat temuan satu sapi terinfeksi rabies hingga mati di Kabupaten Jembrana, Distan Pangan Bali mengimbau agar peternak waspada rabies terhadap hewan-hewan peliharaan.

Dari catatannya saja, sepanjang tahun ini sudah ada 19 ribu gigitan oleh hewan penular rabies di Bali, di mana sebanyak empat orang meninggal dunia akibat positif rabies.

“Kita sudah kerja keras, target kita 2024 manusia atau orang yang meninggal disebabkan oleh anjing sudah tidak ada lagi dan vaksin kita cukup karena tadi malam datang sekitar 60 ribu dosis,” kata dia.

Baca juga: Pemprov Bali pastikan vaksin rabies tersedia dalam jumlah cukup

Selain itu, dijadwalkan pula pengiriman bantuan 200 ribu dosis vaksin rabies bantuan dari Australia, sehingga hingga kini persentase pemberian vaksin rabies sudah lebih dari 59,24 persen dari total 600 ribu ekor anjing.

Selain anjing, hewan penular rabies seperti kera juga harus diwaspadai lantaran sempat ditemukan kera positif rabies di Tabanan.

“Harapan saya kepada masyarakat kalau ada keluarganya tergigit anjing, kera, kucing agar dapat divaksin. Kalau kera yang sudah divaksin itu kera milik warga, kalau di obyek wisata kita batasi anjing berinteraksi dengan kera, kalau ada anjing berkeliaran langsung dibawa keluar atau dieliminasi,” kata Sunada.

Baca juga: Koster: Pencabutan bebas visa dan rabies tak berdampak pada pariwisata
Baca juga: Kemenkes RI kirim 30 ribu dosis vaksin anti rabies ke Bali

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023