DBS mendapat penghargaan setelah menerapkan prinsip tanggung jawab perusahaan dalam strategi keberlanjutan, semakin gencar menyalurkan kontribusi sosial

DBS juga meraih gelar "Asia's Best Bank for Wealth Management" selama dua tahun berturut-turut

Singapura, (ANTARA/PRNewswire)- DBS, grup jasa keuangan terkemuka di Asia, meraih gelar "World's Best Bank for Corporate Responsibility" (Bank Terbaik di Dunia dari Sisi Tanggung jawab Perusahaan) dalam ajang bergengsi "Euromoney Awards for Excellence 2023". Di ajang yang sama, DBS juga kembali meraih gelar "Asia's Best Bank for Wealth Management" (Bank Terbaik di Asia dalam Layanan Pengelolaan Aset) selama dua tahun berturut-turut.

Ajang "Euromoney Awards for Excellence" dikenal luas sebagai salah satu penghargaan bergengsi di industri perbankan global, serta dianggap sebagai bentuk pengakuan atas keunggulan dan praktik terbaik. Penghargaan tersebut mengapresiasi institusi perbankan yang memiliki kinerja, inovasi, dan kepemimpinan terbaik di sejumlah bidang, seperti perbankan, perbankan investasi, pengelolaan aset, serta pasar modal. 

Louise Bowman, Redaktur Euromoney, berkata: "DBS meraih gelar 'World's Best Bank for Corporate Responsibility' pada tahun ini. Maka, DBS menjadi bank pertama di Singapura yang sukses menjadi pemenang sejak kategori penghargaan ini pertama kali dilansir pada 2014. Menjadi warga korporat yang bertanggung jawab merupakan prinsip utama di balik jati diri DBS, dan DBS telah menerapkan prinsip tanggung jawab perusahaan dalam strategi keberlanjutan pada level grup. Pada 2022, DBS semakin gencar menyalurkan kontribusi sosial. Lewat inisiatif ini, DBS membekali komunitas marginal dengan keahlian literasi digital dan finansial, serta menjamin ketahanan pangan dan daya tahan sosial."

Pendekatan DBS dalam aspek keberlanjutan mengacu pada tiga pilar utama—perbankan yang bertanggung jawab, praktik bisnis yang bertanggung jawab, serta menciptakan dampak lebih dari layanan perbankan: 

  • Perbankan yang bertanggung jawab: DBS berkomitmen mendukung transisi nasabah menuju model bisnis rendah karbon, meningkatkan akses investasi ESG, serta menyediakan solusi perbankan ritel yang dirancang khusus, seperti LiveBetter yang membantu nasabah menjalani kehidupan yang lebih berkelanjutan. Pada September 2022, DBS mengumumkan target dekarbonisasi untuk emisi pembiayaan Lingkup 3. Target ini menjadi salah satu target dekarbonisasi terlengkap di industri perbankan global. Sebagai bagian dari rencana implementasinya, DBS aktif berkolaborasi dengan nasabah untuk menerapkan praktik bisnis berkelanjutan dalam strategi bisnis secara keseluruhan. Portofolio pembiayaan berkelanjutan DBS tercatat senilai SGD 61 miliar pada akhir 2022, atau melampaui target awal senilai SGD 50 miliar dalam kurun waktu dua tahun lebih dini.
  • Praktik Bisnis yang Bertanggung jawab: DBS terus mengambil pertimbangan lingkungan hidup dan sosial dalam kegiatan operasional. Dari sisi SDM, DBS menerbitkan Kebijakan Keberagaman, Kesetaraan, dan Inklusi pada 2022. Hal ini menjadi rumusan resmi dari langkah yang telah dijalankan DBS dalam beberapa tahun terakhir untuk membangun lingkungan kerja yang layak dan inklusif, serta menyediakan kesempatan setara bagi tenaga kerja. DBS juga semakin mendukung pengembangan karier jangka panjang dengan iGrow—pelatihan karier digital yang memanfaatkan Kecerdasan Buatan dan Machine Learning agar tenaga kerja dapat mempelajari aspirasi kariernya pada masa depan, serta merekomendasikan program pelatihan yang relevan untuk meningkatkan atau menguasai keahlian baru. Lebih lagi, DBS berkomitmen pada tata kelola data yang baik, serta menjalankan kebijakan yang memastikan data perbankan terlindungi, aman, dan digunakan secara bertanggung jawab.
  • Menciptakan Dampak Lebih Dari Layanan Perbankan: DBS ingin menjadi kekuatan positif dengan berpegang pada prinsip bisnis yang bermanfaat dan mendukung gerakan sosial, termasuk membekali masyarakat dengan keahlian masa depan. Pada 2022, DBS berkomitmen menyalurkan pendanaan baru senilai SGD 100 juta guna mendukung lingkup kerja DBS Foundation yang lebih luas, serta Community Impact Chapter yang baru, sekaligus inisiatif filantropi dan program bantuan lain.
Piyush Gupta, CEO, DBS, berkata: "Setelah dunia berhadapan dengan perubahan iklim dan keanekaragaman hayati, serta kesenjangan sosial yang kian melebar, sektor publik, swasta, dan keuangan harus meningkatkan langkah untuk menangani isu-isu tersebut. Hal ini juga berlaku bagi DBS. Sejak terbentuk pertama kali sebagai Development Bank of Singapore, DBS selalu memegang prinsip kuat dan mengambil langkah yang tepat dari sisi sosial. Gelar 'World's Best Bank for Corporate Responsibility' membuktikan langkah yang telah dijalankan DBS, serta menjadi motivasi untuk melanjutkan langkah tersebut demi membangun dunia yang lebih baik."

DBS telah berkali-kali meraih penghargaan "World's Best Bank" dari publikasi terkemuka di dunia, termasuk Euromoney, Global Finance, dan The Banker, serta "World's Best Digital Bank" dari Euromoney, "Most Innovative in Digital Banking" dari The Banker, serta tercantum dalam daftar "Top 100 Best Workplaces for Innovators" versi Fast Company. DBS juga meraih gelar "Safest Bank in Asia" dari Global Finance selama 14 tahun berturut-turut.

Tentang DBS

DBS adalah grup jasa keuangan terkemuka di Asia yang menjangkau 19 pasar. Berkantor pusat dan terdaftar di bursa efek Singapura, DBS berada di tiga poros pertumbuhan Asia: Tiongkok Raya, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Peringkat kredit DBS termasuk yang tertinggi di dunia yakni "AA-" dan "Aa1". 

Diakui atas kepemimpinan globalnya, DBS telah memperoleh sederet penghargaan, termasuk  "World's Best Bank" dari Global Finance, "World's Best Bank" dari Euromoney, "Global Bank of the Year" dari The Banker. DBS memimpin penggunaan teknologi digital demi merumuskan masa depan perbankan, dan sukses memenangkan penghargaan "World's Best Digital Bank" dari Euromoney, serta "Most Innovative in Digital Banking" dari The Banker. Selain itu, DBS juga meraih penghargaan "Safest Bank in Asia" dari Global Finance selama 14 tahun berturut-turut dari 2009-2022.

DBS menyediakan layanan lengkap di segmen perbankan konsumer, UKM, dan korporasi. Sebagai bank yang lahir dan besar di Asia, DBS memahami kompleksitas bisnis di negara-negara yang berada di kawasan paling dinamis ini. DBS berkomitmen menjalin hubungan jangka panjang dengan para nasabah, menyediakan layanan perbankan dengan cara Asia. Melalui DBS Foundation, DBS membuat dampak positif di luar sektor perbankan dengan mendukung social enterprise: perusahaan yang memiliki dua target, yakni menghasilkan laba, serta membuat dampak positif dari sisi sosial dan/atau lingkungan hidup. DBS Foundation juga melayani masyarakat lewat beragam cara, termasuk membekali komunitas dengan keahlian yang siap menjawab tantangan masa depan, serta membangun ketahanan pangan. 

Dengan jaringan operasional yang luas di Asia, serta mengutamakan interaksi dan pemberdayaan stafnya, DBS menawarkan berbagai peluang karier menarik. Informasi lebih lanjut tersedia di www.dbs.com.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023