Banda Aceh (ANTARA) - Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof Marwan menyatakan kampus yang dipimpinnya menjadi perguruan tinggi pertama di Pulau Sumatera yang mendapat kesempatan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional untuk sosialisasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045

"Suatu kehormatan bagi USK, dipilih oleh Bappenas sebagai kampus pertama di Sumatera yang mendapatkan kesempatan untuk sosialisasi RPJPN 2025-2045. USK siap berperan aktif demi tercapainya cita-cita Indonesia Emas," kata Prof Marwan di Banda Aceh, Kamis.

Baca juga: USK sabet penghargaan PTN terbaik penanganan stunting

Ia mengatakan USK siap berkolaborasi dalam berbagai bidang demi menunjang terwujudnya kampus social entrepreneurship bertaraf world class university.

"USK dengan dukungan dari Bappenas dapat memperkuat pembangunan infrastruktur, peluang hibah ke depan juga akan menjadi acuan bersama. USK bersama beberapa kampus yang lain, juga sudah bicara untuk membentuk konsorsium," katanya.

Menurut dia, peran Bappenas juga sangat diperlukan USK, dalam menapaki status baru sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

Baca juga: Universitas Syiah Kuala masuk peringkat 101-200 dunia versi THE-SDGs

Sekretaris Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Sekretaris Utama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Taufik Hanafi mengatakan pihaknya mendapat tugas untuk mengkoordinasikan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

"Demi sinkronnya RPJPN untuk mencapai Indonesia Emas, maka perlu kerja sama dengan perguruan tinggi, termasuk USK. Ini penting untuk mensosialisasikan dan harmonisasi RPJPN dan Bappenas. USK mengawal agar RPJPN sejalan," katanya.

Taufik menyebutkan ada lima sasaran visi tersebut meliputi pendapatan per kapita setara negara maju, kemiskinan menuju 0 persen dan ketimpangan berkurang, kepemimpinan dan pengaruh di dunia internasional meningkat, daya saing SDM meningkat, serta intensitas emisi GRK menurun menuju net zero emission.

Baca juga: USK Banda Aceh sabet medali perak di ajang Olimpiade IoT internasional

Pada kesempatan tersebut, Bappenas turut mengunjungi Program Pasca-Sarjana USK, TDMRC, Atsiri Research Center, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023