Surabaya (ANTARA) - TNI Angkatan Laut mengerahkan kapal bantuan rumah sakit KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 untuk membawa 136 tenaga kesehatan melaksanakan bakti sosial kemanusiaan dan memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat Pulau Masalembu, Sumenep, Jawa Timur.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam keterangannya diterima di Surabaya, Kamis menyebut, kapal tersebut dikerahkan pada kegiatan "Bakti Surya Bhaskara Jaya" untuk mendukung Program Keluarga Keren Bebas Stunting yang berkolaborasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

"Kegiatan ini sebagai wujud nyata kemanunggalan TNI Angkatan Laut dengan rakyat," kata Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali.

Bantuan kesehatan yang dilaksanakan antara lain operasi major, bibir sumbing, khitanan, operasi katarak, hingga pengobatan gigi dan mulut

"TNI Angkatan Laut bersama BKKBN menyelenggarakan program Keluarga Keren Bebas Stunting di seluruh jajaran dalam rangka mendukung percepatan penurunan stunting guna mewujudkan masyarakat yang sehat dan kuat bagi kepentingan pertahanan negara," ujarnya.

Baca juga: TNI AL Kendari bakti sosial donor darah dan KB bagi warga pesisir

TNI Angkatan Laut percaya bahwa peningkatan kesehatan dan kualitas hidup generasi muda adalah kunci untuk masa depan bangsa yang kuat dan sejahtera.

Dengan sumber daya yang dimiliki, kata dia, TNI Angkatan Laut berkomitmen untuk membantu dalam menyosialisasikan, penyediaan akses ke pelayanan kesehatan, serta dukungan lainnya yang diperlukan dalam kesuksesan program ini.

"Sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah pesisir, yang pada akhirnya akan tercapai ketahanan nasional yang tangguh, demi Indonesia emas, Indonesia yang berdaulat, maju, adil dan makmur," katanya.

Baca juga: KSAL: Bakti sosial di Lebak sesuai permintaan pemerintah daerah

Kasal juga yakin dan percaya bahwa apa yang telah diperjuangkan bersama ini akan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat, seraya mengajak kita semua untuk terus menjaga semangat kepedulian dan kebersamaan demi menciptakan perubahan positif dan memberikan dampak berkelanjutan bagi masyarakat.

Jenderal bintang empat tersebut mengajak terus bergerak maju dalam memberikan bantuan dan dukungan serta menjadi agen perubahan dalam menjawab panggilan kemanusiaan.

"Bersama kita mampu mewujudkan Indonesia yang lebih baik, untuk masa depan yang gemilang dalam menyongsong Indonesia emas," ujarnya.

Baca juga: Korps Marinir gelar bakti sosial dan jalin komunikasi sosial di Papua

Sementara itu, Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan laut (Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Suradi menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini ditujukan guna membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kemanunggalan TNI Angkatan Laut bersama rakyat.

"Kegiatan Bakti TNI AL Surya Bhasakara Jaya dalam rangka mendukung program pemerintah yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting," ujarnya.

Baca juga: Bakti Sosial AL Indonesia-Singapura

"Kegiatan merupakan upaya TNI Angkatan Laut dalam perspektif kepentingan masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat di bidang kesehatan dan mencegah terjadinya stunting untuk generasi selanjutnya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023