Hangzhou, China, (ANTARA/Xinhua-AsiaNet)- Baru-baru ini, kota Hangzhou di Cina timur akan menyala semangat Asian Games ke-19, di mana terletak Danau Barat yang terkenal di seluruh dunia. Empat puluh kompetisi olahraga utama akan diadakan, menyemangati Hangzhou melalui pertunjukan yang mendebarkan.

Hangzhou selalu menjadi kota yang penuh vitalitas, anugerah dari sejarahnya yang kaya, budaya yang menakjubkan, dan ekonomi yang berkembang, serta transformasi kreatif dan ekspresi inovatif dari fitur-fitur tersebut.


Daerah yang berpionir sejak zaman kuno

Hangzhou secara resmi didirikan selama Dinasti Qin (221-207 SM) ketika Cina pertama kali bersatu, tetapi wilayah ini memiliki sejarah yang lebih awal.

Sejak 4300 hingga 5300 tahun yang lalu, pertanian padi yang canggih dikembangkan di Hangzhou, kerajinan batu giok berkembang, dan budaya Liangzhu, budaya yang mewakili Akhir Zaman Neolitik, mulai muncul. Situs arkeologi dari kota kuno Liangzhu telah dinilai sebagai warisan budaya dunia, dan telah menjadi salah satu daerah terbesar dan tertinggi untuk menunjukkan sejarah panjang peradaban Cina yang mencakup lebih dari 5.000 tahun.

Latar belakang sejarah ini, yang berlangsung selama sekitar 5.000 tahun, tetap hadir hingga saat ini. Desain maskot "Congcong", medali "Shan Shui", dan obor Asian Games terinspirasi oleh wadah ritual giok Cong dalam budaya Liangzhu. Upacara pengumpulan api Asian Games diadakan di reruntuhan arkeologi kota kuno Liangzhu, dan desain struktur eksternal perangkat pengumpulan api berasal dari cincin giok Liangzhu. Sejarah gemilang ini tercermin dalam desain unik dan kreatif di Hangzhou.


Rasa budaya untuk kehidupan yang lebih baik

Selama Dinasti Song Selatan (1127-1279 Masehi), Hangzhou mencapai puncak dalam sejarah perkembangan kota-kota kuno, menumbuhkan budaya yang sangat makmur.

Warisan kota, sosial, dan budaya Dinasti Song meninggalkan kesan mendalam pada Marco Polo, seorang penjelajah Barat yang mengunjungi Hangzhou pada zaman Dinasti Yuan kemudian dan menyebut Hangzhou sebagai "Kota Surga, yang paling indah dan megah di dunia". Budaya Dinasti Song yang indah, halus, dan cerdas masih terlihat jelas di Hangzhou ribuan tahun kemudian.

Saat ini, semakin banyak warga lokal dan wisatawan di Hangzhou menikmati pengalaman budaya yang memesona dengan mengunjungi Xiling Seal Art Society, menikmati teh lokal yang harum, berjalan-jalan di Danau Barat dengan pakaian tradisional Dinasti Song, berfoto di tembok merah museum reruntuhan Istana Deshou Dinasti Song Selatan, dan mengunjungi Cabang Hangzhou dari Arsip Nasional dan Kebudayaan Cina, yang dibangun dengan gaya lukisan Dinasti Song terkenal.

Pada tahun 2022, Hangzhou mencatat total pendapatan pariwisata sebesar 129,8 miliar yuan. Selama dekade terakhir, industri budaya Hangzhou telah mengalami perkembangan pesat. Pada tahun 2022, nilai tambah industri budaya Hangzhou mencapai 242 miliar yuan, 2,5 persen lebih tinggi dari tingkat pertumbuhan PDB. Industri budaya mencakup 12,9 persen dari PDB, menjadi pilar penting dalam pengembangan ekonomi, menurut Pemerintah Rakyat Munisipalitas Hangzhou.


Pengembangan ekonomi berbasis inovasi

Ujung selatan Grand Canal Cina, warisan budaya dunia lainnya, berasal dari Hangzhou. Pada masa keemasan kanal, air sungai yang mengalir membawa berbagai produk, makanan, pakaian, adat istiadat, dan etiket resmi dari berbagai bagian negara, menjadikan Hangzhou sebagai pusat distribusi komersial penting dan menumbuhkan fokusnya pada inovasi.

Saat ini, perkembangan internet dan teknologi digital telah menggantikan jalur sungai Grand Canal, menghubungkan Hangzhou dengan seluruh wilayah Cina dan dunia. Jaringan perdagangan digital yang luas telah didirikan, memfasilitasi perkembangan ekonomi digital secara loncatan.

Hangzhou bukan hanya rumah bagi lebih dari sepuluh perusahaan perdagangan digital global teratas seperti Alibaba, Ant Group, dan Netease, tetapi juga menjadi tuan rumah dua pertiga dari platform ritel ekspor e-commerce lintas batas Cina dan 70 persen dari transaksi pembayaran lintas batas negara. Kontes e-sports juga dimasukkan dalam Asian Games untuk pertama kalinya, menjadi tanggapan yang jelas terhadap perkembangan ekonomi digital Hangzhou.

Setelah ribuan tahun, vitalitas Hangzhou tidak berkurang sama sekali. Melihat ke masa depan, kota yang telah mapan dan inovatif ini diharapkan tetap menunjukkan dinamika yang memikat.



Sumber: Pemerintah Rakyat Munisipalitas Hangzhou.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023