Jayapura (ANTARA) - Sejumlah wilayah di Kota Jayapura, Kamis, dilaporkan mengalami banjir akibat meluapnya air dari selokan setelah diguyur hujan sejak sore.

Kepala BPBD Kota Jayapura Asep Khalid kepada Antara, Kamis malam, mengatakan laporan sejumlah kawasan mulai dilanda banjir, misalnya di kawasan Papua Trade Center dan CV Thomas di Entrop, Distrik Jayapura Selatan, juga di sekitar Yapis Dok V, jalan Sam Ratulangi di Distrik Jayapura Utara dan pasar Youtefa, Distrik Abepura.

Banjir yang terjadi akibat luapan dari drainase atau selokan yang tidak mampu menampung air hingga meluap ke jalan.

"Kami masih memantau karena di beberapa lokasi airnya sudah surut, " kata Asep yang mengaku sedang melakukan pemantauan.

Baca juga: Presiden berharap rumah sehat di Doyo Baru bisa segera ditempati warga

Baca juga: Mensos : Pembangunan rumah bagi korban banjir Sentani capai 90 persen


Marthen, salah satu warga di kawasan CV Thomas Entrop, Distrik Jayapura Selatan mengatakan wilayah CV Thomas memang langganan banjir saat hujan deras.

Hujan deras yang melanda Kota Jayapura dan sekitarnya memang menyebabkan banjir akibat saluran pembuangan yang tersumbat.

"Mudah-mudahan hujan cepat reda sehingga banjir segera surut," ujar Marthen yang bersama warga membantu pengguna jalan raya yang menggunakan sepeda motor yang mengalami mati mesin saat hendak melintasi jalan raya Abepura khususnya di depan CV Thomas akibat derasnya air.*

Baca juga: Presiden dijadwalkan resmikan rumah korban banjir di Doyo Jayapura

Baca juga: Pemkot Jayapura imbau warga lakukan mitigasi karena hujan masih tinggi

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023