Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Provinsi Papua mengimbau kepada masyarakat setempat melakukan upaya mitigasi bencana karena curah hujan yang masih cukup tinggi terjadi di wilayah itu.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Senin, mengatakan pihaknya meminta masyarakat yang bermukim pada kawasan yang rawan bencana untuk tetap waspada.

"Kami terus melakukan penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana agar waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir dan longsor sehingga tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian ekonomi serta kerusakan sumber daya alam," katanya.

Menurut Pekey, pihaknya berharap masyarakat di kota Jayapura dapat memetakan daerah rawan bencana serta membangun bangunan yang tahan gempa dan banjir kemudian melakukan penanaman pohon (bakau) demi untuk penghijauan hutan.

Baca juga: Urgensi mitigasi hadapi potensi banjir dan longsor di Jayapura

Baca juga: Mensos bantu Rp1,3 miliar untuk korban bencana alam di Kota Jayapura


Selain itu, kata dia, masyarakat di Kota Port Numbay diharapkan mengetahui cara melakukan evakuasi mandiri dan memahami status peringatan dini.

"Atau memiliki kesigapan, tanggap darurat dan rehabilitasi hutan sehingga kami minta masyarakat untuk aktif membersihkan lingkungan masing-masing dari sampah agar tidak menumpuk di drainase yang menyebabkan menumpuk nya sedimen," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Asep Mulyana mengatakan pada periode Mei hingga Agustus 2022 seharusnya sudah memasuki musim kemarau.

"Namun fenomena La Nina yang menyebabkan masih sering terjadi turun hujan meski sedang tapi dalam intensitas tinggi," katanya.

Dia menjelaskan pihaknya telah memasang tanda evakuasi pada daerah rawan bencana banjir dan longsor di Kota Jayapura seperti kawasan APO, Dok IX, Entrop dan Organda.

"Sehingga jika terjadi bencana warga bisa tahu harus ke mana untuk berlindung," ujarnya.*

Baca juga: Kementerian Sosial siapkan lumbung sosial di Jayapura

Baca juga: Tambah jadi 8.628 orang warga terdampak bencana di Jayapura

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022