Sidoarjo (ANTARA) - Sebanyak 174 peserta calon taruna Politeknik Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Keimigrasian (Poltekim) mengikuti rangkaian seleksi ujian psikotes di Ruang Raden Wijaya Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Manusia (Kanwil Kemenkumham) Jatim.
 
Teguh Wibowo selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwilkumham Jatim di Surabaya, Kamis, mengatakan ujian dibagi menjadi dua sesi yang pertama pukul 8.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB dan sesi kedua pukul 11.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.
 
"Ujian Psikotes ini juga di dampingi oleh panitia pusat dari Inspektorat Jenderal, Tim Psikologi Kemenkumham, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Direktorat Jenderal Imigrasi dan Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal," ujarnya.
 
Dia mengatakan kepada peserta untuk mempersiapkan ujian ini termasuk mental, wawasan, fisik dan restu orang tua.

Baca juga: Kemenkumham Sulut tegaskan masuk Catar Poltekip dan Poltekim gratis

Baca juga: Seleksi taruna Poltekip/Poltekim bebas pungutan liar
 
"Peserta yang telah ada di ruangan ini merupakan yang terbaik karena telah melampaui tahapan SKD CAT," ujarnya.
 
Sementara pada sesi kedua Saefur Rochim selaku Kepala Divisi Administrasi juga memberikan sambutan saat sebelum sesi ke dua dimulai, berpesan bahwa ujian Psikotes ini adalah tolak ukur sejauh mana potensi para peserta untuk bisa diterima di Poltekip dan Poltekim.

"Sehingga, hasilnya sesuai dengan kebutuhan yang kami harapkan," tuturnya.
 
Mantan Kadiv Adminsitrasi NTB ini menambahkan seluruh proses seleksi tes calon taruna Poltekip dan Poltekim tidak di pungut biaya sepeser apapun.
 
“Siapapun itu tidak ada yang bisa menjamin kelulusan dan kepastian, cukup percaya pada kemampuan sendiri, usaha tidak akan mengkhianati hasil," tuturnya.*

Baca juga: 301 taruna Poltekip siap magang di UPT Pemasyarakatan se-Nusakambangan

Baca juga: Kemenkumham buka pendaftaran Poltekip dan Poltekim

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023