Jakarta (ANTARA) -
​​​​​​Aktris sekaligus musisi Sherina Munaf mengungkapkan telah menciptakan tujuh lagu baru yang akan ditampilkan pada film "Petualangan Sherina 2".
 
"Ada tujuh lagu baru dan seru banget selama bikin lagu itu," kata Sherina Munaf saat acara peluncuran poster dan trailer film "Petualangan Sherina 2" di kawasan H. R. Rasuna Said, Jakarta Selatan pada Kamis.
 
Sherina mengatakan baru pertama kali menciptakan lagu yang khusus ditujukan sebagai lagu tema (soundtrack) film di mana dia mengaku proses penulisan setiap lagu yang dia ciptakan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.
 
"Per lagu pasti beda-beda (kesulitannya), ada satu lagu yang dari awal tuh sudah ada gitu kemudian akhirnya 'lancar jaya' lah bikinnya, ada beberapa yang lebih mutar otak, ada beberapa yang akhirnya sampai mempertanyakan diri sendiri apakah 'gue sebenarnya mampu atau enggak?' gitu sih," ungkap Sherina.

Baca juga: Film "Petualangan Sherina 2" tayang di bioskop mulai 28 September
 
Sherina menjelaskan dalam membuat lagu untuk film "Petualangan Sherina 2", dia memperhatikan naskah dan suasana yang sedang dibangun dalam sebuah adegan, dan perasaan yang ditunjukkan oleh karakter. Kemudian, Sherina menyesuaikan musik yang dia susun dengan naskah dan suasana maupun emosional karakter dalam adegan tertentu.

"Mindset aku sih ketika bikin lagu-lagu ini adalah kolaboratif, karena lagu ini harus bisa ikut bercerita jadi lagu ini mendukung majunya cerita yang ada di script (naskah) maka dari itu rambu-rambunya adalah itu dulu, dari script dan situasi dan perasaan karakternya," kata Sherina.
 
"Kita menggodok script dan lagu bersamaan jadi misalkan draft (rancangan) lagunya kira-kira seperti A, kemudian script-nya ternyata lebih baik development (pengembangan) ceritanya seperti ini maka lagu akan meng-adjust (menyesuaikan) karena lagu tugasnya adalah untuk membantu menceritakan cerita," tambahnya.

Sherina mengaku pengalamannya menciptakan sejumlah lagu untuk film "Petualangan Sherina 2" merupakan pengalaman yang menyenangkan karena itu menjadi kali pertama dia memadukan musik dan naskah film ketika membuat sebuah karya.

"Sebenarnya ini pengalaman sangat menyenangkan buat aku kan karena saling mengawini script dengan musiknya, aku belum pernah bikin yang kayak gitu prosesnya," ungkap Sherina.

Sherina menambahkan meskipun merasa lelah karena terlibat sebagai pemeran utama sekaligus pencipta lagu dalam film "Petualangan Sherina 2", dia merasa pekerjaan tersebut adalah hal yang dicintainya sekaligus menjadi sebuah kebanggaan.

"Aku rasa sangat beruntung mengerjakan apa yang aku cintai. Lelahnya itu akan ada tapi itu adalah hal yang sangat kecil dibandingkan reward (penghargaan) ketika kita mendengar karya kita dimainkan dan ketika kita melihat orang lain juga ikut enjoy (menikmati)," kata Sherina.

Film "Petualangan Sherina 2" mengikuti kisah petualangan Sherina (Sherina Munaf) dan Sadam (Derby Romero) yang telah beranjak dewasa di wilayah hutan Kalimantan.

Film yang digarap oleh rumah produksi Miles Films dan Base Entertainment itu akan tayang di bioskop Indonesia mulai 28 September mendatang.

Baca juga: Sherina Munaf jadi wartawan di film barunya

Baca juga: Riri Riza ungkap tantangan syuting di hutan Kalimantan

Baca juga: Film "Petualangan Sherina 2" akan hadirkan kejutan baru untuk penonton

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023