di lingkungan ini bisa di buat sistem satu gerbang (one gate system) menggunakan portal dengan menyesuaikan situasinya
Jakarta (ANTARA) -
Polres Metro Jakarta Selatan mengapresiasi warga RW 11, Gandaria Utara, Jakarta Selatan yang berhasil menggagalkan pencurian motor sekaligus menangkap pelakunya.

"Ini berarti sistem keamanan lingkungan sudah tercipta dengan baik, saya minta semua wilayah di DKI Jakarta dapat meniru sistem keamanan seperti ini," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Ary Indradi saat memberikan penghargaan kepada enam warga di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
 
Warga RW 11, Gandaria Utara, Jakarta Selatan  berhasil menggagalkan dan menangkap tiga pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di wilayahnya pada hari Selasa (18/7).
 
Ade  menyebut ada sejumlah tindakan yang dapat mencegah terjadinya kejahatan di sekitar lingkungan warga.
 
"Pertama sistem keamanan lingkungan itu harus dibangun bagi yang punya rezeki lebih, kami menyarankan memasang CCTV, kedua bagi masyarakat yang punya harta benda seperti kendaraan bermotor rumah tentunya harus juga menjaga mengantisipasi TKP, " katanya.
 
Ketiga, di lingkungan ini bisa di buat sistem satu gerbang (one gate system) menggunakan portal dengan menyesuaikan situasinya..
 
"Keempat memang harus ada sistem keamanan lingkungan artinya harus ada orang-orang yang di tugaskan khusus untuk menjaga lingkungan 24 jam. Untuk itu butuh partisipasi dan gotong royong semua pihak, " kata Ade.
 
Dalam kegiatan tersebut selain memberikan penghargaan kepada enam warga di Kebayoran Baru, Ade juga menitipkan CCTV untuk dipasang di wilayah RW sini.
 
"Semoga ini bisa membantu menciptakan sistem keamanan lingkungan setiap hari, " ucapnya.
 
Ade bersama seluruh jajaran terus berupaya mengkampanyekan tentang pencegahan kejahatan salah satu upaya kampanye dan hasil yang optimal di mana upaya penyuluhan Kamtibmas oleh teman-teman Bhabinkamtibmas.
 
"Sehingga masyarakat punya daya cegah terhadap potensi-potensi gangguan keamanan termasuk masyarakat yang bertugas melihat situasi dari layar CCTV yang beliau pantau, " katanya.
 
Ade mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak khususnya warga di RW 11 di Gandaria Utara ini semoga ini bisa menular ke RW yang lainnya.
Baca juga: Polisi bawa korban penjambretan ke rumah sakit di Jakarta Selatan
Baca juga: Polisi tolak penangguhan penahanan aktor Pierre Gruno 
Baca juga: Polrestro Jakarta Selatan musnahkan barang bukti narkoba dan senjata

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023