Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) siap menjalankan kolaborasi dengan Griffith University, Queensland, Australia, dalam bidang akademik dan pelestarian lingkungan.

Kepala Kantor Urusan Internasional UI, drg. Baiduri Widanarko, di UI Depok, Jumat, mengatakan ada dua jenis kerja sama yang dapat dikembangkan, yakni kerja sama akademik dan kerja sama penelitian.

"Untuk kerja sama akademik, biasanya tentang mobilitas, yaitu mobilitas mahasiswa dan mobilitas staf. Untuk mobilitas mahasiswa dalam bentuk program Double Degree dan Short Course, sedangkan untuk mobilitas staf berupa kursus bersama antara dua institusi atau lebih," ujarnya.

Ia berharap, kerja sama ini dapat memperluas ruang lingkup kolaborasi yang bisa dikembangkan untuk kepentingan kedua universitas dan masyarakat luas, seperti pelestarian lingkungan.

Baca juga: Tiga program studi pascasarjana UI raih akreditasi internasional

Baca juga: UI dan dua rumah sakit di Kupang kerja sama penempatan dokter urologi


Kedua institusi pendidikan ini sebelumnya sudah memiliki MOU sejak 1994, dan pada kesempatan kunjungan tersebut bermaksud memperluas area kerja sama dengan UI, meliputi program academic collaboration, joint programs, dan professional short courses.

Selain itu, kerja sama dengan Griffith University di tingkat fakultas juga dilakukan, seperti program Sustainable Development and Climate Change dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Joint Alumni Development Program dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan kolaborasi Development Health City dengan Fakultas Kedokteran pada tahun 2015 lalu.

Sementara itu Director International Marketing, Griffith International, Rick Chapman mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin dengan UI dan sependapat dengan Baiduri untuk memperluas kerja sama yang sudah terjalin.

"UI dan Griffith University telah memiliki hubungan kerja sama jangka panjang. Kita juga bekerja sama secara erat di beberapa bidang, khususnya dalam pelestarian lingkungan dan perubahan iklim yang begitu penting saat ini," katanya.

Maka dari itu, kami senang berada di sini untuk dapat berdiskusi tentang bidang kolaborasi lain yang dapat saling menguntungkan,” ujar Rick Chapman.

Delegasi Griffith ketika berada di UI disambut oleh Kepala Kantor Urusan Internasional UI, drg. Baiduri Widanarko, M.KKK, Ph.D., bersama Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI, Dra. Amelita Lusia, M.Si.; Kasubdit Kerja Sama Akademik UI, Dr. Eko Sakapurnama, S.Psi, MBA dan lainnya.

Griffith University diwakili Director International Marketing, Griffith International, Rick Chapman; Director International, Griffith Sciences, Professor Gui Lohman; Griffith Business School, Associate Professor Alexandr Akimov; Griffith Health, Dr. Llion Roberts; Regional Marketing Director, Southeast Asia and the Pacific, Ms Lucinda Chappell; dan In-Country Manager, Lia Limbong.*

Baca juga: PAM JAYA gaet akademisi UI untuk tingkatkan pelayanan bagi masyarakat

Baca juga: SIL Universitas Indonesia berdayakan lansia untuk siaga hadapi bencana

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023