Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad, menegaskan bahwa Pancasila sebagai fondasi, ideologi dan dasar negara Indonesia satu-satunya tidak bisa dirubah dan bukan untuk diperdebatkan lagi.

"Mengapa Pancasila begitu penting, sebab Pancasila adalah elemen luar biasa yang mampu mempersatukan segenap bangsa Indonesia yang sangat beragam. Pancasila juga terbukti mampu menjaga bangsa ini dari segala permasalahan dan tantangan sejak Pancasila lahir hingga kini," kata dia, dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Universitas Pancasila siapkan SDM handal industri pereketaapian

Hal itu harus tertanam kuat dalam diri setiap anak bangsa, terutama generasi mudanya. Pancasila, lanjut dia, merupakan salah satu daripada elemen nilai-nilai luhur bangsa yang ada dalam Empat Pilar MPR.

Tiga unsur lainnya adalah UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.
 
"MPR sangat memahami dan mengkhawatirkan dengan masalah ini. Itulah yang membuat MPR gencar melaksanakan gerakan pemahaman kembali nilai-nilai luhur kepada seluruh anak bangsa, yang kami sebut sebagai Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan menyasar berbagai elemen bangsa dan menggunakan metode-metode yang dipahami masyarakat," imbuhnya.

Baca juga: Komisi X DPR: Kaltim harus jadi model Guru Penggerak RI masa depan
 
Pimpinan MPR dari Kelompok DPD Dapil Provinsi Gorontalo ini sangat mengapresiasi antusiasme generasi milenial yang ikut sebagai peserta sosialisasi kali ini.

"Jika seluruh generasi muda Indonesia memiliki kecintaan begitu besar kepada nilai-nilai luhur bangsanya, saya yakin bangsa ini di masa depan akan berada di tangan yang tepat yakni manusia unggul yang berkarakter kebangsaan tinggi," jelas dia.

Selain itu, Staf Khusus MPR, Hasan Shahab, menggelar kuis dadakan Empat Pilar kepada para peserta. Dalam kuis itu, peserta generasi muda diuji wawasannya seputar MPR dan kebangsaan.

Baca juga: Wakil Ketua MPR ajak Lemhannas luruskan sejarah Pancasila di buku ajar

Muhammad pun memberikan penghargaan dan apresiasi kepada sebagian besar peserta, walaupun terlihat malu-malu tapi mampu menjawab seluruh pertanyaan kuis.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023