Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Digital PT Metrodata Electronics Tbk (kode saham BEI : MTDL) membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp9,3 triliun pada semester I 2023.

Seiring dengan itu, perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp272,2 miliar pada semester I 2023, atau tumbuh 0,3 persen year on year (yoy), dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Presiden Direktur MTDL Susanto Djaja dalam keterangan di Jakarta, Jumat, mengatakan perseroan terus memberikan kontribusi yang solid pada segmen commercial, dengan tumbuh sebesar 18 persen (yoy) sampai semester I 2023.

Lanjutnya, pada lini bisnis solusi dan konsultasi berhasil membukukan pendapatan yang tumbuh 13 persen (yoy) pada semester I 2023.

Dia menjelaskan, solusi cloud menjadi highlight utama di antara delapan pilar bisnis solusi dan konsultasi perseroan, dibandingkan solusi lainnya, yang mana berkontribusi sebesar 43 persen dari total order booking delapan pilar tersebut.

Dengan demikian, perseroan berhasil mempertahankan pertumbuhan yang signifikan pada segmen cloud sebesar 21 persen (yoy) pada semester I 2023.

“Mengingat Indonesia sebagai salah satu yang memiliki populasi internet terbesar di dunia, dengan lebih dari 200 juta pengguna internet, perseroan optimis pertumbuhan solusi cloud akan berkelanjutan,” ujar Susanto.

Lebih lanjut, dia menyebut bertumbuhnya data center yang dibangun akan semakin mempercepat penetrasi internet individu dan perusahaan di Indonesia, sehingga akan meningkatkan adopsi layanan berbasis cloud.

“Kami yakin bahwa pemulihan bisnis TIK digital sedang berlangsung. Kami berharap, proses pemulihan ini akan terus berlanjut sehingga MTDL bisa terus mencatatkan percepatan pertumbuhan pendapatan yang signifikan,” ujar Susanto.

Unit bisnis distribusi perseroan masih berkontribusi secara mayoritas terhadap total pendapatan, dengan memberikan kontribusi sebesar Rp6,9 triliun atau 71 persen, dari total pendapatan perseroan pada semester I 2023.

Sementara itu, unit bisnis solusi dan konsultasi membukukan pendapatan sebesar Rp2,9 triliun.

Baca juga: Industri pusat data masih punya peluang besar untuk tumbuh
Baca juga: Legrand Indonesia gelar Data Center Summit guna kembangkan data center
Baca juga: Metrodata gandeng AWS hadirkan solusi cloud untuk perusahaan

 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023