Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa Provinsi Gorontalo memiliki potensi sebagai lumbung pangan nasional dalam bidang pertanian berbagai komoditas, terutama jagung.

"Gorontalo ini potensinya sangat besar sebagai lumbung pangan nasional. Saya yakin karena saya berpengalaman memimpin Gorontalo sebagai gubernur selama dua periode,” ujar Fadel dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Keyakinan tersebut, tutur Fadel, semakin besar karena ia telah membicarakan potensi tersebut kepada pemerintah pusat. Ia mengaku mendapatkan respons positif dari pemerintah pusat.

“Bahkan sudah tersedia anggaran Rp3 triliun untuk Gorontalo sebagai lumbung pangan," ucap Fadel Muhammad.

Yang harus dilakukan sekarang, lanjut Fadel, konsep lumbung pangan itu harus segera mungkin dimatangkan agar bisa secepat mungkin terwujud.

Baca juga: Wakil Ketua MPR dorong peningkatan SDM Gorontalo

Baca juga: Waka MPR: Pemerintah harus dorong wujudkan ketahanan pangan desa
"Saya berharap para pakar bidang pangan dan pertanian dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) bersama Pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk mematangkan konsep ini," ujarnya.

Fadel mengatakan jika konsep ini terealisasi dan Gorontalo benar-benar menjadi lumbung pangan nasional, maka efek dominonya akan luar biasa.

Selain kebutuhan pangan nasional dan daerah terjaga, kata dia, maka kesejahteraan petani dan perekonomian daerah secara umum akan terangkat naik.

"Waktu itu, Gorontalo sempat menghasilkan jagung hingga 1 juta ton. Melihat fakta itu, saya kemudian mengusulkan sebuah konsep besar Gorontalo menjadi lumbung pangan nasional," ujarnya.

Keyakinan Pimpinan MPR dari Kelompok DPD Dapil Gorontalo ini dengan Konsep Lumbung Pangannya, bukan hanya kepercayaan diri tanpa alasan. Ada beberapa hal yang dilihat Fadel menjadi modal Gorontalo sebagai lumbung pangan nasional. Pertama, Gorontalo memiliki kelayakan tanah dan agroklimat yang cocok untuk pertanian.

Kedua, kelayakan infrastruktur. Gorontalo memiliki irigasi maupun infrastruktur transportasi yang bisa ditingkatkan lagi.

Ketiga, Gorontalo memiliki kelayakan budidaya dan teknologi yang bisa dikembangkan lagi. Keempat, Gorontalo memiliki kelayakan sosial dan ekonomi. Sebab, masyarakat Gorontalo mayoritas petani.

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam acara Sarasehan Kehumasan MPR RI yang mengusung tema sentral "Gorontalo Menjadi Lumbung Pangan Nasional", di Ruang Madani, Kantor Bupati Gorontalo, Limboto, Gorontalo, Kamis (20/7).

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023