UIN Jambi perluas jaringan kerja sama dengan UNIMAS dan UITM Malaysia
Jambi (ANTARA) - Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi memperluas jaringan kerja sama dengan dua kampus di Malaysia yaitu Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS) dan Universitas Teknologi MARA (UITM).

"Dalam perjanjian  antara UNIMAS dan UITM di antaranya menyepakati untuk melakukan kerja sama dalam bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengajaran," kata Wakil Rektor III UIN Sultan Thaha Saifuddin (STS) Jambi Bahrul Ulum dalam keterangan resmi yang diterima di Jambi, Jumat.

Saat ini terdapat satu dosen UIN STS Jambi dan satu dosen dari UNIMAS akan mengajar bersama atau bergantian pada kelas di Jambi dan Malaysia secara daring. Sementara itu, student mobility atau exchange program adalah program pertukaran mahasiswa antara UIN Jambi dan UNIMAS.

Baca juga: BPIP dan Universitas Pancasila Komitmen Gaungkan; "Pancasila dari Indonesia untuk Dunia

Konsepnya, ketika mahasiswa UNIMAS belajar di Jambi semua biaya ditanggung UIN STS Jambi. Sebaliknya, jika mahasiswa UIN STS Jambi berada di Serawak, Malaysia, maka seluruh biaya selama di Serawak di tanggung oleh UNIMAS.

Bahrul menjelaskan student mobility ini dapat dilakukan dengan skema short term selama tujuh hari, atau long term selama sebulan hingga satu semester. Untuk langkah awal, kedua kampus menyepakati akan mencoba program short term.

Selain itu, International Office UIN STS Jambi dan Direktur UNIMAS Global, menyepakati untuk segara merealisasikan kerja sama dalam bentuk global class room, student mobility/ pertukaran mahasiswa yang  konsepnya hampir sama dengan pola COIL (collaborative online international learning) yang telah dibangun antara UIN Jambi dan Michigan State University.

Baca juga: Unhas-Universitas Islam Al-Azhar kerja sama pengembangan Tridharma PT

Sejalan, dengan prospek kerja sama dengan UNIMAS. UIN STS Jambi juga berkomitmen untuk menjalankan program student mobility dengan UITM Serawak. Harapannya antara UITM dan UIN STS Jambi dapat memberikan keuntungan bagi mahasiswa dan civitas akademika kedua kampus.

Kerja sama dengan dua kampus ini sejalan dengan paradigma trans-integrasi ilmu yang digagas oleh UIN STS Jambi yang salah satunya dalam bentuk semangat internasionalisasi kampus. Kegiatan ini juga akan langsung ditindaklanjuti sesuai arahan rektor, bahwa tidak ada lagi kerja sama yang hanya sekedar formalitas. Namun harus ditindaklanjuti dengan program dan aksi nyata untuk memperkuat peran UIN STS Jambi sebagai lokomotif perubahan sosial.

Baca juga: PTKIN dan Universitas di Malaysia jalin kemitraan internasional

 

Pewarta: Tuyani
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023