Kalau penyebabnya kita belum tahu, karena saat kebakaran angin juga sedang kencang
Mataram (ANTARA) - Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di kawasan wisata Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terbakar pada Jumat (21/7) 2023 sore.

Ketua Gili Hotel Association (GHA) Lalu Kusnawan dihubungi melalui telepon dari Mataram, membenarkan peristiwa kebakaran yang menimpa TPST di kawasan wisata andalan NTB itu.

"Iya benar terbakar sekitar pukul 16.00 WITA," katanya.

Ia mengungkapkan kebakaran itu menghanguskan sampah yang ada di dalamnya karena banyak barang mudah terbakar. Namun, belum diketahui apa penyebab pasti kebakaran itu.

"Kalau penyebabnya kita belum tahu, karena saat kebakaran angin juga sedang kencang," katanya.

Menurut dia saat kebakaran api ditangani petugas pemadam kebakaran dibantu warga dan petugas lainnya.

"Saat ini sudah bisa dipadamkan," katanya.

Namun demikian, untuk mencegah peristiwa kebakaran terulang kembali pihaknya menyarankan agar pemerintah daerah untuk bisa mengambil alih pengelolaan sampah di kawasan itu.

Tidak hanya itu pipa hidran, peralatan pemadam kebakaran, termasuk penambahan personil kebakaran juga perlu menjadi perhatian pemerintah daerah.

"Saat ini kita secara fakta pengelolaan sampah ditangani pihak swasta tidak ditangani oleh pemerintah. Bangunan TPST juga belum berjalan sehingga penghancuran sampah tidak bisa," katanya.

"Ini saja kondisi sekarang 15 ton per hari sampah yang dihasilkan di Gili Trawangan. Karena ini tempat wisata internasional jadi peran pemerintah penting," tambahnya.

Sementara itu saat dihubungi terpisah Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Lombok Utara, Suhardi mengatakan pada Jumat malam kondisi api di TPST sudah padam semenjak terbakar pada pukul 16.00 WITA.

"Sudah padam sekarang tinggal asap saja. Padamnya sekitar menjelang Maghrib," ujarnya.

Ia menyatakan pihaknya menerjunkan empat anggota yang memang sehari-hari bertugas di tempat itu, selain ada bantuan di darat juga ikut memadamkan api. Namun dalam kondisi ini tidak ada korban jiwa.

Khusus di Gili Trawangan, kata dia, sudah ada kendaraan roda tiga untuk memadamkan api dan juga alat semprot. Hanya saja tidak ada pipa hidran di kawasan wisata itu.

Ia menyesalkan tidak adanya hidran di tempat itu, meski sebenarnya pihaknya sempat akan memasang pipa hidran, namun mendapat penolakan oleh salah satu perusahaan penyedia air di sana.

"Kemarin kita mau pasang hidran malah dicabut padahal kita mau pasang dua dari enam hidran yang direncanakan dan terkait persoalan penolakan ini sudah kami sampaikan ke Bupati," demikian Suhardi.

Baca juga: Hotel di Gili Trawangan Lombok terbakar di saat ramai kunjungan

Baca juga: Penginapan di Gili Tawangan terbakar

Baca juga: Wisatawan Asal Amerika Serikat tewas di Gili Trawangan Lombok

Baca juga: Grup musik Dewa 19 jadi duta pariwisata Tiga Gili

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023