Palembang (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyebutkan sebanyak 4.299 haji yang pemulangannya melalui Debarkasi Palembang, Sumatera Selatan, sudah tiba di Tanah Air.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Armet Dachil di Palembang, Jumat, mengatakan sebanyak 353 haji Kloter 12 sudah mendarat di Bandara SMB II Palembang pada Kamis (20/7) pukul 20.31 WIB.

Namun, dua haji belum bisa ikut pulang karena masih dirawat di Arab Saudi, yaitu Tamron Tohir yang masih dirawat di RS King Fahd Madinah dan Ahmad Saleh Muhammad di Makkah Medical Center.

Baca juga: 357 haji Kloter 1 Debarkasi Palembang tiba di Tanah Air Kamis malam

"Dengan kedatangan jamaah haji Kloter 12 tersebut, hingga saat ini PPIH Debarkasi Palembang menerima kedatangan sebanyak 4.299 haji dengan rincian 3.179 haji asal Sumsel, 1.061 haji asal Bangka Belitung (Babel), dan 59 petugas kloter," katanya.

Menurut dia, sesuai kebijakan Menteri Agama, setiap haji yang pulang dari Tanah Suci tahun ini memperoleh 10 liter air zamzam.

”Jatah lima liter air zamzam diserahkan saat jamaah haji sampai di embarkasi dan lima liter lainnya disalurkan oleh Kantor Kementerian Agama tingkat kabupaten dan kota,” kata dia.

Baca juga: Bersama kloter 3 Debarkasi Palembang, 4 jamaah haji "tanazul" tiba

Kemenag mencatat jamaah yang meninggal berjumlah 37 orang dengan rincian Sumsel 30 orang dan Babel tujuh orang. Sebanyak 32 orang meninggal di Tanah Suci, empat orang meninggal di debarkasi, dan satu orang meninggal di embarkasi.

Sementara itu, Humas Kanwil Kemenag Sumsel Abdul Qudus mengatakan pihaknya memastikan jamaah haji yang meninggal selama pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 mendapatkan asuransi.

Baca juga: Damri siapkan sembilan unit bus jemput jamaah haji debarkasi Palembang

”Kami memastikan setiap yang meninggal selama proses pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 mendapatkan asuransi,” katanya.

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023