lomba ini kembali dilaksanakan sebagai bagian hubungan kerja sama Sister City Ambon dan Darwin
Ambon (ANTARA) - Sebanyak 48 perahu layar dijadwalkan akan mengikuti lomba perahu layar Darwin Ambon atau Spice Island Darwin-Ambon Yacht Race (SIDAYR) tahun 2023.

"Sesuai kesepakatan bersama lomba perahu layar Darwin Ambon akan berlangsung selama lima hari terhitung tanggal 7 - 12 Agustus 2023 dengan sejumlah rangkaian kegiatan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Rico Hayat, di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, sesuai jadwal lomba perahu layar akan dilepas dari Darwin 5 Agustus 2023, Kota Ambon akan diwakili Ketua Ambon Sailing Community (ASC), Nicko Tulalessy bersama tim.

Pelaksanaan SIDAYR bertepatan dengan kegiatan Sail Indonesia dimana 15 kapal layar akan menyinggahi Kota Ambon pada 30 Juli -1 Agustus 2023.

"Bertepatan di Bulan Agustus 2023 dilaksanakan Sail Indonesia di Kota Ambon, dimana Negeri Amahusu menjadi tempat sandar kapal lomba layar Darwin Ambon dan Sail Indonesia," katanya.

Baca juga: Lomba Layar Darwin-Ambon kembali digelar pada Agustus tahun ini
Baca juga: Pemkot Ambon evaluasi penyelenggaraan SIDAYR


Ia menjelaskan, rangkaian kegiatan yang akan digelar saat kapal layar tiba di Ambon, akan disampaikan setelah rapat bersama dengan Konjen Australia yang digelar via daring.

"Kami telah menerima surat dari penyelenggara lomba DAYR di Darwin yang meminta agar lomba ini kembali dilaksanakan sebagai bagian hubungan kerja sama Sister City Ambon dan Darwin," katanya.

Lomba SIDAYR pertama kali digelar pada 1976, sempat terhenti karena konflik sosial pada 1999 dan kembali digelar sejak 2007, tetapi mengalami penurunan jumlah peserta.

Terakhir dilaksanakan pada 2019 dengan jumlah peserta 11 perahu, tetapi tidak menyurutkan semangat peserta maupun masyarakat dan pemerintah Kota Ambon untuk tetap melanjutkan ajang tahunan ini," ujarnya.

SIDAYR merupakan kegiatan kota kembar yang telah digelar sejak 1976 sebagai bentuk kebersamaan serta meningkatkan kualitas persaudaraan.

Penyelenggaraan SIDAYR juga didukung oleh Kementerian Pariwisata, Pemerintah Kota Ambon, dan Dinah Beach Cruising Yacht Association Incorporated.

DAYR juga diprakarsai sebuah klub yacht di Darwin yaitu Cruising Yacht Association of The Northern Territory Incorporated (CYANT) pada 1976.

Baca juga: Lomba Layar Darwin-Ambon Dorong Pariwisata Maluku
Baca juga: Lomba perahu layar Darwin Ambon digelar 7-12 Agustus 2023
Baca juga: Peserta Darwin-Ambon Ikuti "Friendly Games"

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023