Kami berharap masyarakat kota Ambon khususnya di Negeri Amahusu mendukung kegiatan lomba layar ini dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para wisatawan yang akan berada di kota Ambon pada 7 - 12 Agustus 2023
Ambon (ANTARA) -
Sebanyak delapan perahu layar peserta Spice Island Darwin Ambon Yach Race (SIDAYR) dilepas Wali Kota Darwin Australia Von Vatskalits dari pantai Darwin dan diperkirakan akan tiba di Kota Ambon, Indonesia pada Senin, 7 Agustus 2023.

Kedelapan perahu layar itu adalah Yacht The Lone Grainger, Finally, La Boheme, Nautilus Darwin, Balladier II, Endorfin, Boussole, dan Django.

"Delapan perahu layar telah dilepas dari garis start untuk berlayar menuju pantai Negeri Amahusu Kota Ambon, diprediksi akan tiba pada 7 Agustus," kata Ketua Ambon Sailing Community, Nico Tulalessy saat dihubungi ANTARA dari Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan, delapan kapal layar membawa sebanyak 50 kru yang ikut dalam pelayaran lomba layar Darwin Ambon.

"Kami berharap masyarakat kota Ambon khususnya di Negeri Amahusu mendukung kegiatan lomba layar ini dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para wisatawan yang akan berada di kota Ambon pada 7 - 12 Agustus 2023," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Rico Hayat menyatakan, pihaknya menyiapkan kegiatan untuk menyambut peserta SIDYAR yang diprediksi tiba pada 7 Agustus 2023.

Kegiatan para peserta SIDYAR akan dimulai pada 11 Agustus 2023 mengunjungi SMAN 11 Ambon, dan kegiatan welcome ceremony di Tirta Kencana pada 12 Agustus 2023.

"Dijadwalkan tanggal 13 Agustus para peserta lomba layar akan kembali ke Darwin," katanya.

SIDAYR merupakan kegiatan kota kembar yang telah digelar sejak 1976 sebagai bentuk kebersamaan serta meningkatkan kualitas persaudaraan.

Lomba SIDAYR yang pertama kali digelar pada 1976, sempat terhenti karena konflik sosial pada 1999 dan kembali digelar sejak 2007, tetapi mengalami penurunan jumlah peserta.

Terakhir dilaksanakan pada 2019 dengan jumlah peserta 11 perahu, tetapi tidak menyurutkan semangat peserta maupun masyarakat dan pemerintah Kota Ambon untuk tetap melanjutkan ajang tahunan.

Penyelenggaraan SIDAYR juga didukung oleh Kementerian Pariwisata, Pemerintah Kota Ambon, dan Dinah Beach Cruising Yacht Association Incorporated.

DAYR juga diprakarsai sebuah klub yacht di Darwin yaitu Cruising Yacht Association of The Northern Territory Incorporated (CYANT) pada 1976.

Baca juga: Lomba perahu layar Darwin Ambon digelar 7-12 Agustus 2023

Baca juga: 48 perahu layar dijadwalkan ikut lomba perahu layar Darwin-Ambon

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023