... agar para siswa tidak terlalu tegang dan khawatir dengan hasilnya nanti... "
Kudus, Jawa Tengah (ANTARA News) - Banyak cara menyiapkan siswa menghadapi ujian akhir, di antaranya motivasi hipno yang dilaksanakan SMP 1 Kudus, Jawa Tengah bagi siswa kelas IX mereka. Tujuannya, untuk memotivasi anak didik agar berprestasi dan sukses menghadapi ujian melalui hipnosis, Jumat.

Menurut Kepala SMP 1 Kudus, Oki Sudarta, di Kudus, kegiatan tersebut diikuti siswa kelas IX yang berjumlah 204 orang.

"Setidaknya, kami berusaha agar para siswa tidak terlalu tegang dan khawatir dengan hasilnya nanti, karena secara akademik para siswa sudah dipersiapkan sejak lama," ujarnya.

Bahkan, lanjut dia, sekolah sudah menyiapkan sejumlah program meningkatkan kemampuan akademik siswa sejak lama, sehingga diharapkan semua siswa mampu meraih nilai bagus.

Selain itu, lanjut dia, siswa yang mendapatkan motivasi lewat hipnosis tersebut diharapkan bisa lebih tenang dan tidak merasa stress dalam mengerjakan UN dan tidak merasa beban agar hasilnya memuaskan.

Adapun materi yang disampaikan, yakni permainan, trik hadapi UN, dan cara belajar yang efektif.

Ia menargetkan, pelaksanaan UN tahun ini, minimal mampu mempertahankan prestasi nilai rata-rata UN para siswa sebesar 9,00.

Sementara itu, Motivator Muhammad Amin mengungkapkan, tujuan kegiatan "hypno motivation" ini untuk memberikan motivasi kepada siswa agar tidak panik maupun stres dalam menghadapi UN.

"Kami juga memberikan arahan kepada para siswa teknik-teknik menghadapi UN agar bisa mengerjakan dengan lancar dan tidak terbebani. Kami juga memberikan motivasi agar UN tidak dianggap sebagai momok," ujarnya.

Menurut jadwal, UN SMP akan dimulai 22 April hingga 25 April 2013, sedangkan ujian akhir sekolah dimulai 25-30 Maret 2013. 

(KR-AN/B012)

Pewarta: Akhmad N Lathif
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013