Sepang (ANTARA News) - Pebalap Red Bull Mark Webber memimpin sesi latihan bebas pertama di Grand Prix Malaysia pada Jumat, di pemuncak klasemen lomba Kimi Raikkonen menempelnya dengan ketat.

Webber mencatatkan waktu tercepat yakni 1 menit 36,935 detik di Sirkuit Sepang yang terbakar sinar matahari, di mana Raikkonen, pemenang Grand Prix Australia pekan lalu, hanya lebih lambat seperseratus detik dan berada di peringkat kedua.

Sebastian Vettel, pebalap Red Bull yang menjadi tiga kali juara dunia, merupakan pebalap tercepat peringkat ketiga saat dilakukan pemanasan selama 90 menit, sedangkan rivalnya, Fernando Alonso dari Ferrari berada di peringkat keempat.

Nico Rosberg, Adrian Sutil, Felipe Massa, Paul di Resta, Lewis Hamilton, dan Romain Grosjean melengkapi peringkat sepuluh besar pada sesi yang lebih banyak diisi kegiatan eksperimental saat tim-tim yang ada menyiapkan opsi-opsi terbaik mereka untuk balap Minggu.

Cuaca panas namun tiba-tiba dapat turun hujan deras membuat GP Malaysia menjadi salah satu balap paling dinantikan pada musim ini, dengan tantangan ekstra pada tahun ini adalah merawat kondisi ban-ban Pirelli yang cepat terkikis.

Para pebalap akan kembali mengikuti sesi latihan bebas pada pukul 14 waktu setempat (06.00 GMT) sedangkan sesi latihan ketiga akan dilakukan pada Sabtu, diikuti dengan kualifikasi. Balap akan dilangsungkan pada Minggu.

Penerjemah: Rauf Andar

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013