Jamaah haji harus tetap kompak, menjalin komunikasi yang baik, tingkatkan silaturahim sesama haji yang tergabung dalam Kloter 17.
Medan (ANTARA) - Sebanyak 350 jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 17 asal Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Medan, dan Kabupaten Padang Lawas, tiba di Asrama Haji Medan, Sumatera Utara, pada Jumat (21/7) malam pukul 19.00 WIB, di mana dua orang di antaranya dalam kondisi sakit.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag)  Provinsi Sumatera Utara diwakili Kepala Bidang Pemulangan Haji, H Torang Rambe dalam penjelasan di Medan, Sabtu menjelaskan pesawat Garuda Indonesia GA 3217 yang membawa rombongan jamaah haji Kloter 17 mendarat di Bandara Kualanamu International Airport (KNIA), Kabupaten Deli Serdang  pukul 17.45 WIB.

Pihaknya mengucapkan selamat datang kepada jamaah haji kloter 17 yang baru saja pulang dari menunaikan ibadah haji dari Tanah Suci Mekkah dan Madinah, Arab Saudi..

Ia meminta kepada jamaah haji agar tetap menjaga etika, dan sopan santun di rumah tangga, keluarga dan lingkungan masyarakat.

"Seorang haji mabrur harus bisa menjaga diri dan memberikan contoh yang baik mengenai ibadah serta jadi panutan di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Ia juga berharap jamaah haji harus tetap kompak, menjalin komunikasi yang baik, tingkatkan silaturahim sesama haji yang tergabung dalam Kloter 17.

Sementara itu, dari jumlah 350 jamaah haji Kloter 17, terdiri atas 252 orang dari Kabupaten Serdang Bedagai, 49 orang dari Kabupaten Padang Lawas, 41 orang dari Kota Medan, tiga orang petugas daerah dari Kabupaten Padang Lawas dan Kabupaten Serdang Bedagai, serta lima orang petugas pusat TPHI dan TKHI.

Jamaah haji mutasi keluar tiga orang atas nama Anas Nasution, nomor manifes 264 (kembali ke kloter 11), Burhanuddin Harahap, nomor manifes 290 (sakit) dan Fakih Harun,nomor manifes 294 (sakit). Jumlah berangkat 353 orang. Jumlah kembali 350 orang, demikian Torang Rambe.

Baca juga: 346 jamaah haji Kloter 16 tiba di Medan

Baca juga: 326 jamaah haji Kloter 9 Kabupaten Labuhan Batu telah tiba di Medan

Baca juga: Dinkes catat 34 haji asal Sumut meninggal dunia

Baca juga: 357 haji Kloter 7 Sumut tiba di Medan

 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023