Jangan sampai golput pada pemilu karena itu penting menentukan republik ke depan.
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Penyanyi Elfonda "Once" Mekel mengatakan bahwa bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo memiliki catatan baik dan mendukung proses demokrasi ke arah yang lebih baik.

"Tidak ada beban masa lalu serta catatan baik, dua periode Jawa Tengah. Beliau sangat mendukung proses demokrasi ke arah yang lebih baik," ujar Once ketika berdialog dengan generasi Z di Danau Lebakwangi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Once mengatakan bahwa Indonesia adalah negara besar dengan 270 juta penduduk sehingga perlu sosok pemimpin yang pintar dan berkarakter seperti Ganjar.

"Untuk memimpin 270 juta jiwa penduduk, tidak mudah. Tidak hanya pintar, tetapi memiliki karakter. Bagi saya, Pak Ganjar seorang yang memiliki karakter yang pantas untuk capres. Sangat aktif untuk berkomunikasi," kata mantan vokalis Dewa 19 itu.

Selain Once, turut hadir penyanyi Anang Hermansyah yang juga berbagi pandangan dalam acara tersebut.

Once dan Anang bahkan masing-masing sempat melantunkan lagu Aku Mau dan Separuh Jiwaku Pergi.

Dalam kesempatan tersebut, Anang menilai Ganjar sosok yang kreatif.

"Mas Ganjar energik dan kreatif," ujar Anang.

Ia lantas berharap publik menyambut Pemilu 2024 dengan tidak menjadi golongan putih (golput). Hal ini mengingat suara rakyat menjadi penentu arah bangsa untuk 5 tahun ke depan.

"Jangan sampai golput pada pemilu karena itu penting menentukan republik ke depan," kata Anang.

Sesuai dengan jadwal KPU RI, pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden mulai 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) disebutkan bahwa pasangan calon presiden/wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden/wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi dari DPR RI. Pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 yang total perolehan suara sahnya minimal 34.992.703 suara.

Baca juga: Once harap Ganjar beri perhatian kepada industri musik Indonesia
Baca juga: Penyanyi Once: Musik punya kekuatan menyatukan bangsa

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023