Mereka berziarah ke Maqom Sultan Maulana Hasanudin Banten yang dianggap sebagai tempat bersejarah dan keramat bagi umat Islam
Serang (ANTARA) - Ribuan pengunjung memadati kawasan Komplek Masjid Agung Banten untuk melaksanakan ziarah ke Maqom Sultan Maulana Hasanudin Banten sekaligus berwisata religi bersamaan dengan bulan Muharram.

"Hingga mencapai dua ribu pengunjung yang datang di hari ini," kata Sobar (35) salah satu satuan tugas Badan Kenadziran Kesultanan Maulana Hasanudin Banten di lokasi komplek tersebut di Kota Serang, Banten, Sabtu.

Ia menyebutkan para pengunjung baik dari wilayah Banten maupun luar daerah datang ke tempat itu untuk melakukan ziarah serta menikmati suasana komplek tersebut.

Kebanyakan pengunjung atau peziarah, kata dia, datang ke tempat itu pada waktu libur dan momen-momen tertentu, seperti saat ini di bulan Muharram atau awal pergantian tahun Hijriah umat Islam. Hal tersebut, banyak orang berdatangan untuk mendapatkan keberkahan di waktu itu.

"Biasanya Jumat sampai malam Senin ramai, apalagi kalau momen waktu tertentu hingga puluhan ribu yang datang ke sini. Kebanyakan dari Jawa, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Wonosobo, Kediri dan Cirebon. Begitu juga hingga Palembang serta Lampung," katanya menambahkan.
Para Pengunjung sedang mengantre giliran masuk ke area Maqom Sultan Maulana Hasanudin Banten untuk melaksanakan ziarah, Sabtu (22/7/2023). ANTARA/Lukman Fauzi.


Sementara itu, Edi (50) salah satu pengunjung asal Desa Cimande, Kabupaten Bogor, mengatakan dirinya datang ke tempat itu bersama keluarga dan rombongan kurang lebih sebanyak seratus orang.

"Kita rombongan, ada sekitar seratus orang termasuk anak-anak yang ke sini," kata Edi.

Dirinya mengatakan datang ke tempat tersebut baru kali pertama serta ingin silaturahim sekaligus mendapatkan berkah atau barokah.

Mereka berziarah ke Maqom Sultan Maulana Hasanudin Banten yang dianggap sebagai tempat bersejarah dan keramat bagi umat Islam.

Maqom Sultan Maulana Hasanudin Banten adalah makam dari salah satu tokoh penyebar agama Islam di Banten, yang juga dikenal sebagai ulama besar yang berjasa dalam penyebaran ajaran agama Islam di wilayah tersebut.

Selain melaksanakan ziarah, pengunjung juga memanfaatkan kesempatan untuk berwisata religi di Area Komplek Masjid Agung Banten. Selama itu, mereka mengeksplorasi berbagai sudut area, mengunjungi museum dan belajar mengenai perjalanan sejarah Islam di Banten melalui berbagai informasi yang dipajang dengan menarik di lokasi tersebut.
Baca juga: Wapres Shalat Jumat di Masjid Agung Penata Banten
Baca juga: Wisata religi di Banten dan Jakarta, inspirasi libur Lebaran
Baca juga: Ribuan peziarah padati objek wisata religi Banten


Pewarta: Lukman Fauzi/Bayu Kuncahyo
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023