London (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly menunda kunjungannya ke Beijing, yang direncanakan pada bulan ini, menurut laporan Bloomberg pada Jumat.

Penundaan tersebut dilakukan menyusul hilangnya Menteri Luar Negeri China Qin Gang yang sudah hampir sebulan absen dari pandangan publik.

Ketidakhadiran Qin adalah alasan utama Menlu Inggris menunda perjalanannya ke Beijing, kata laporan itu, mengutip dua sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Cleverly awalnya dijadwalkan tiba di China menjelang akhir bulan ini. Bloomberg melaporkan bahwa kedua negara sedang meninjau jadwal pengganti.

Kementerian Luar Negeri Inggris tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Sebelumnya, Qin juga absen dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta pekan lalu. Dia diwakili oleh diplomat senior yang juga menjabat Direktur Kantor Komisi Sentral untuk Urusan Luar Negeri, Wang Yi.

Qin, yang menjabat sebagai Menlu China pada akhir tahun lalu untuk menggantikan Wang Yi, terakhir kali terlihat di depan publik pada 25 Juni di Beijing usai pertemuan dengan pejabat Sri Lanka, Rusia, dan Vietnam.

Sumber: Reuters

Baca juga: Menlu China temui Menlu Vietnam

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023