Beijing (ANTARA) - Anggota Dewan Negara sekaligus Menteri Luar Negeri (Menlu) China Qin Gang bertemu dengan Menlu Vietnam Bui Thanh Son, yang mendampingi Perdana Menteri (PM) Vietnam Pham Minh Chinh dalam kunjungan resmi ke China, pada Minggu (25/6) di Beijing.

Qin  mengatakan kemitraan kerja sama strategis komprehensif China-Vietnam telah memasuki era baru,

Menurut Qin, China memandang Vietnam sebagai prioritas dalam diplomasi tetangganya dan sangat memandang penting kunjungan Chinh.

Diyakini bahwa kunjungan tersebut akan menyuntikkan stimulus baru ke dalam upaya untuk mempererat kerja sama strategis komprehensif antara China-Vietnam, tambah Qin.

Qin menyerukan kedua belah pihak untuk memperkuat komunikasi strategis, mempercepat penyelarasan strategi pembangunan, serta mendorong pengembangan hubungan bilateral yang lebih besar.

Sementara itu, Bui Thanh Son mengatakan Vietnam memandang hubungannya dengan China sebagai prioritas utama, mengikuti kebijakan Satu China dengan sikap yang jelas, serta dengan tegas mendukung perkembangan dan pertumbuhan sosialisme dengan karakteristik China.

Ini merupakan kunjungan pertama PM Pham Minh Chinh ke China, ujar Bui Thanh Son. Dia mengatakan Vietnam berharap dapat memperdalam kerja sama dan meraih lebih banyak pencapaian dalam hubungan bilateral dengan China melalui kunjungan ini.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023